Share

5 Cara Amankan Listrik saat Banjir agar Tak Kesetrum, Wajib Dicatat

Dian Ayu Anggraini, Okezone · Minggu 13 Desember 2020 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 13 320 2326739 5-cara-amankan-listrik-saat-banjir-agar-tak-kesetrum-wajib-dicatat-aNkUA1Ku2I.jpg Listrik (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Memasuki musim penghujan, masyarakat harus bersiap menghadapi potensi banjir di berbagai daerah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan kelistrikan. Sebab, bisa berdampak fatal jika diabaikan.

PLN meminta kepada masyarakat untuk memperhatikan instalasi listrik saat banjir mulai masuk ke rumah. Karena banjir berpotensi menyebabkan bahaya kelistrikan di tempat tinggal.

“Electrizen, musim hujan ini ada potensi bahaya yang mengintai loh. Bukan, bukan kenangan sama mantan. Tapi potensi bahaya kelistrikan di tempat tinggal kita akibat dari banjir,” tulis PLN dikutip dari Instagram resmi @pln_id, Minggu (13/12/20).

Baca Juga: Begini Cara Cegah Kesetrum Listrik saat Hujan dan Banjir 

Untuk menghindari bahaya kelistrikan di musim hujan, berikut tips dari PLN untuk mengamankan instalasi listrik di kala banjir.

1. Matikan instalasi listrik di dalam rumah

Ketika air banjir mulai masuk ke rumah, segera matikan instalasi listrik. Sebab, jika instalasi listrik terkena air dapat mengalirkan setrum dan berpotensi menyebabkan hubungan arus pendek.

2. Cabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak

Segera cabut semua peralatan listrik dari sambungan stop kontak. Pastikan sudah tidak alat elektronik yang tersambung dengan listrik.

3. Naikan alat elektronik ke tempat lebih tinggi

Setelah memastikan semua peralatan listrik sudah terlepas dari sambungan stop kontak, letakkan alat-alat elektronik di tempat yang lebih tinggi untuk mencegah kerusakan.

 

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

4. Bila aliran listrik yang terkena banjir tidak padam, segera hubungi PLN

Bila aliran listrik terkena banjir, disarankan untuk segera menghubungi PLN. Kontak bisa dihubungi melalui contact center PLN 123.

 

5. Hubungi instansi terkait penanggulangan bencana

 

Selain itu, PLN juga menyarankan kepada masyarakat yang terkena banjir untuk menghubungi instansi terkait penanggulangan bencana agar bisa segera dilakukan penanganan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini