Share

Menko Luhut Minta Mal Tutup Pukul 19.00, Pengusaha Tak Setuju!

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 320 2328135 menko-luhut-minta-mal-tutup-pukul-19-00-pengusaha-tak-setuju-Xi83gPZVqK.jpg Mal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menko Marves Luhut B Pandjaitan meminta pusat perbelanjaan untuk memberikan keringanan biaya penyewaan kepada tenant-tenant. Sebab dirinya meminta meminta Gubernur DKI Jakarta membatasi jam operasional tempat makan, mal dan tempat hiburan hingga pukul 19.00 WIB.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengaku tak setuju dengan usulan dari purnawirawan TNI jenderal bintang empat tersebut. Dia menilai, kebijakan itu tak akan efektif bilamana pemerintah tak bisa menegakkan.

"Pembatasan jam operasional pusat perbelanjaan tidak akan efektif dan bahkan akan menjadi sia-sia jika penegakan terhadap pemberlakuan protokol kesehatan di masyarakat ataupun di luar pusat perbelanjaan sangat lemah," ujarnya kepada Okezone, Selasa (15/12/2020).

Baca Juga: Mal Wajib Tutup Jam 19.00, Pengelola Diminta Beri Keringanan Biaya Sewa Tenant 

Menurut dia, yang lebih diperlukan untuk dilakukan saat ini adalah penegakan terhadap pelaksanaan ataupun pemberlakuan protokol kesehatan.

"Jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat akibat penegakan yang lemah terhadap penerapan protokol kesehatan," ujarnya.

Dia mengimbau agar pemerintah bisa melakukan penegakan protokol kesehatan secara tegas. Sebab, kalau pembatasan operasional dilakukan, pihaknya selama ini telah menjalani prosedur pembatasan secara baik dan benar. Hal itu bisa dibuktikan dengan tidak pernah ada klaster penyebaran Covid-19 di mal.

"Jadi yang harus dilakukan saat ini adalah memastikan bahwa protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat, disiplin dan konsisten," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini