Beda PHK dan Cuti hingga Besaran Tunjangan yang Diterima Pekerja

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Rabu 16 Desember 2020 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 16 320 2328461 beda-phk-dan-cuti-hingga-besaran-tunjangan-yang-diterima-pekerja-3oBUAYpsW5.jpg Perbedaan Istilah Pekerjaan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pandemi virus corona membuat banyak perusahaan melakukan efisiensi besar-besar. Mulai dari mengurangi gaji karyawan, merumahkan bahkan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

PHK dan cuti memiliki perbedaan dalam istilah kerja. Di mana hal inimemiliki perbedaan yang berarti dalam menerima tunjangan.

Baca Juga: Kini Lapangan Kerja Mulai Banyak

Untuk memahami perbedaan dan definisi kerja tersebut, melansir Real Simple, Rabu (16/12/2020) diterangkan mengenai perbedaan PHK dan cuti. Termasuk juga hak-hak yang diterima.

1. PHK

Jika di-PHK, pekerja berhak atas tunjangan pengangguran. Tetapi bukan dipecat karena kinerja yang buruk atau masalah perilaku, diberhentikan berarti posisi pekerjaan telah dihilangkan atau masalah perusahaan lainnya.

Baca Juga: Polemik Larangan Ekspor Batu Bara, Australia Minta Penjelasan China

PHK dianggap permanen. Jika menerima pesangon, alangkah baiknya perhatikan baik-baik persyaratan dan detailnya.

2. Cuti

Cuti adalah perusahaan menghentikan sementara pekerjaan. Selama Covid-19, banyak bisnis terpaksa menutup untuk jangka waktu yang tidak diketahui. Karena cuti berarti anda tidak bekerja dan tidak dibayar.

Hal ini dapat menurunkan biaya operasional perusahaan tanpa memaksa siapapun kehilangan pendapatan sepenuhnya. Tetapi, cuti bersifat parsial, jadi Anda akan kehilangan pendapatan walaupun tidak berhenti bekerja sepenuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini