Ingin Mengajukan KPR? Perhatikan 5 Hal Ini

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 470 2329237 ingin-mengajukan-kpr-perhatikan-5-hal-ini-DXBjmMu66F.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Sebelum membeli rumah impian, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencarinya. Proses ini bukan tahap yang mudah karena menyangkut pembuatan keputusan besar.

Setelah mendapatkan rumah yang akan dibeli, buat anggaran dana untuk menentukan budget pembeliannya. Bisa juga menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk mendapatkan dana tambahan.

Dikutip dari buku 101 Top Tip Membeli Rumah Oleh Laksamana Media, Jakarta, Selasa (16/12/2020), KPR bisa diambil sebagai opsi tambahan untuk mendapatkan dana dan melunasi sisa pembayaran rumah.

Baca Juga: Sektor Perumahan Bisa Bantu Pulihkan Ekonomi

Saat memutuskan menggunakan KPR perhatikanlah beberapa penawaran yang diberikan dari bank yang dituju. Berikut ini telah Okezone rangkum 5 tips memilih KPR untuk mendapatkan rumah.

1. Pilih Bank

Pilihlah bank dengan reputasi yang terbaik. Hal itu untuk meminimalisir rasa takut jika sewaktu-waktu bank yang dituju akan ditutup atau merger. Dengan begitu, persyaratan yang diberikan bank untuk menggunakan KPR tidak akan berubah dan pelunasan rumah dapat berjalan dengan lancar.

2. Perhatikan Fasilitas yang Ditawarkan

Ketika sudah menentukan bank yang akan dituju, langkah selanjutnya adalah memperhatikan fasilitas dari KPR yang akan diberikan. Pastikan untuk mengetahui penawaran tersebut secara detail supaya rasa kecewa di kemudian hari dapat dicegah.

3. Jangan Terpaku dengan Satu Penawaran

Setelah mendapatkan penawaran, jangan terlalu cepat puas dan jangan terpaku dengan satu penawaran sebuah bank. Cobalah untuk mencari tahu penawaran KPR dari bank lain untuk bahan perbandingan sebelum membuat sebuah keputusan.

Cara ini perlu dilakukan jika tidak yakin dengan penawaran dari suatu bank. Riset pengambilan KPR dari bank lain yang cocok dengan keinginan dan kemampuan finansial yang dimiliki.

4. Buat Simulasi Kredit

Ketika sudah mendapatkan penawaran yang pas dari sebuah bank, diskusikan dengan mereka untuk meminta dan membuat simulasi kredit. Hal ini dilakukan untuk mengetahui jangka waktu pelunasan dari KPR yang dipilih. Dengan begitu, proses pembayaran KPR dapat dilakukan sesuai dengan lancar yang berpatokan dari simulasi tersebut.

5. Cicilan KPR jangan Lebih dari 30% Pendapatan

Tips yang satu ini adalah yang paling penting. Jangan memilih cicilan KPR yang lebih dari 30% pendapat per bulan. Selain membayar cicilan, pasti ada hal lain yang memerlukan biaya, seperti notaris, balik nama, dan asuransi rumah.

Hal tersebut untuk mencegah pengeluaran yang membengkak dari hasil pendapatan yang tidak banyak. Dengan demikian, tindakan untuk mengantisipasi timbulnya kebutuhan atau biaya tambahan dari pembelian sebuah rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini