5 Langkah Aman Berbelanja Online

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 622 2329243 5-langkah-aman-berbelanja-online-GAktd3Uc79.jpg Belanja Online (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Berbelanja online juga perlu hati-hati. Banyak penipuan dan lebih rentan terkena risiko daripada berbelanja offline. Tetapi, jika kita berhati-hati dan memperhatikan tempat belanja online dengan bijak, risiko tersebut tidak akan terjadi.

Kita tetap bisa berbelanja dengan aman, nyaman, dan hemat asalkan berhati-hati sebelum melakukan pembelian. Dikutip dari readersdigest.ca, Rabu (16/12/2020) begini 5 tips berbelanja online dengan aman.

Baca Juga: Trik Hemat Belanja Online, Coba Tawar Harga ke Owner

1. Percaya situs web yang terenkripsi

Tidak semua situs e-commerce menyediakan keamanan dalam berbelanja online. Penting untuk membatasi belanja ke situs web yang kurang meyakinkan.

Selain itu, lakukan transaksi saat berada di jaringan WiFi terpercaya.

Baca Juga: Cara Pintar Belanja Online agar Terhindar Penipuan

2. Lindungi informasi pribadi

Biasanya penjual online minta detail dan informasi tambahan untuk membuat pengalaman belanja online lebih lengkap. Namun, jika mereka meminta terlalu banyak informasi seperti nomor asuransi kesehatan, itu adalah tanda yang tidak wajar.

3. Buat kata sandi yang unik di setiap situs

Hindari menggunakan sandi yang sama untuk setiap situs belanja online yang dikunjungi. Dengan begitu, jika informasi login dicuri dari satu web, akun yang lain kemungkinan masih aman.

4. Cari informasi layanan pelanggan/customer service

Situs belanja online yang aman memiliki saluran layanan pelanggan atau alamat email yang tersedia. Baca kebijakan pengembalian uang atau tanggung jawab terhadap barang yang tidak sesuai dari toko online terkait.

Keterbukaan tentang perjanjian dan tanggung jawab ini merupakan tanda kredibilitas yang baik.

5. Jangan klik iklan yang tidak jelas

Meskipun penjual seringkali menggunakan iklan pop-up untuk promosi, konsumen juga perlu berhati-hati akan penipuan. Pastikan untuk memasang perangkat lunak untuk menjaga data dari penipuan seperti ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini