Terungkap, Fintech Syariah Lebih Unggul dari Konvensional

Kunthi Fahmar Shandy, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 320 2330072 terungkap-fintech-syariah-lebih-unggul-dari-konvensional-g5elYiVVlF.jpg Financial Technology (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Layanan Financial technology (fintech) akan menjadi tren yang mendukung rantai pasok salah satunya dengan pembayaran usaha barang atau jasa syariah.

"Fintek juga akan bisa mendapatkan informasi soal produk apa, supplier seperti apa yang membutuhkan. Jadi bukan hanya Fintech Peer to Peer (P2P) Lending yang meminjamkan uang pada borrower seperti untuk kebutuhan konsumtif," kata Peneliti Institute For Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira saat webinar di jakarta jumat.

Baca Juga: Fintech Ilegal dari 4 Negara, Paling Banyak dari China

Menurut dia, hal tersebut merupakan bentuk yang sederhana dan kedepannya harus bisa mendorong rantai pasok dan masuk ke ranah pembiayaan.

Adapun untuk Fintek syariah sendiri jauh lebih unggul dari yang kovensional. Hal tersebut karena bentuk pinjamannya lebih ke sektor produktif.

Baca Juga: Anak Buah Sri Mulyani Pantau Fintech, Ada Apa?

"Maka dari itu diharapkan dapat mendorong UMKM dan pelaku industri halal untuk memiliki sertifikasi halal sehingga risikonya bisa diminalisir," sebut Bhima.

 

CEO Mandiri Capital, Eddi Danusaputro menambahkan pelaku usaha UMKM kalau mau naik kelas seharusnya sudah go digital agar pertumbuhan bisnis atau usahanya menjadi biar non-linear.

Sehingga digitalisasi payment ini seperti layanan Fintek lending syariah sangat tepat di masa pandemi ini. "Faktor go digital inilah yang menjadi salah satu pertimbangan kami untuk berinvestasi di start up," ucap Eddi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini