Pentingnya UMKM bagi Ekonomi RI, Ini Buktinya

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 320 2330115 pentingnya-umkm-bagi-ekonomi-ri-ini-buktinya-1xAdpReSlY.jpg Potensi UMKM Bagi Ekonomi RI. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu penopang ekonomi Indonesia. Mengingat, jumlah pelaku UMKM di Indonesia sangat besar sekali.

Asisten Deputi Pemasaran, Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Destry Anna Sari mengatakan, dari seluruh pelaku usaha yang ada di Indonesia, 99% di antaranya merupakan pelaku UMKM. Oleh karena itu, sangat wajar jika pelaku UMKM menyumbang 60% dari pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Terungkap Alasan UMKM Sulit Ekspor, Ini Biang Keroknya

“Postur pelaku usaha di Indonesia menunjukan 99% populasi terdiri dari UMKM menyumbangkan 60% dari PDB (produk donestik bruto),” ujarnya dalam acara Diskusi Virtual, Jumat (18/12/2020).

Tak hanya itu, para lelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ini berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja. Diperkirakan pelaku UMKM ini menyerap 97% tenaga kerja.

Baca Juga: Anggaran Pemulihan Koperasi dan UMKM Baru Rp87 Triliun, Terbanyak untuk Ini

Selain itu, ekspor dari para pelaku UMKM juga termasuk salah satu yang tertinggi. Mengingat 14,17% ekspor nasional dikontribusikan dari para pelaku UMKM di dalam negeri.

“Menyerap 97% tenaga kerja dan kontribusi14,17% ekspor nasional,” kata Destry

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini