Tarik Dana Bank Syariah Indonesia, Muhammadiyah Terbitkan Juknis

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 320 2332073 tarik-dana-bank-syariah-indonesia-muhammadiyah-terbitkan-juknis-KeF106f1I0.jpeg Uang Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PP Muhammadiyah menyatakan siap menerbitkan petunjuk teknis (juknis) terkait dengan dana amal usaha dan persyarikatan yang disimpan di Bank Syariah Indonesia.

Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto menyampaikan, juknis tersebut akan diterapkan oleh seluruh pimpinan amal usaha Muhammadiyah di Indonesia.

Baca Juga: 8 Fakta Bank Syariah Indonesia hingga Peringatan Wapres

"Dalam waktu dekat, Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan menerbitkan petunjuk teknis yang terkait dengan dana amal usaha dan Persyarikatan yang disimpan di tiga bank syariah pemerintah dan penempatan dana setelah BSI mulai beroperasi," kata Agung saat konferensi pers, Selasa (22/12/2020).

Baca Juga: 'Dana Jumbo' Muhammadiyah di Bank Syariah Ditaksir Sampai Rp15 Triliun, Benarkah?

Dalam kesempatan tersebut, dia juga menyampaikan sikap PP Muhammadiyah terhadap merger bank syariah BUMN. Dia menjelaskan, penggabungan tiga bank syariah yang dikelola pemerintah merupakan kebijakan dan kewenangan penuh pemerintah yang diambil berdasarkan pengkajian yang komprehensif dan mendalam.

"BSI sebagai bank syariah maupun lembaga perbankan milik negara pada umumnya hendaknya benar-benar menjadi perbankan Indonesia yang dikelola secara good governance, profesional, dan terpercaya untuk sebesar-besarnya hajat hidup dan peningkatan taraf hidup rakyat," ungkapnya.

Dia meminta pengelolaan dan manajemen BSI harus benar-benar dikontrol dengan seksama, transparan, dan akuntabel sehingga sejalan dengan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku serta tidak ada pihak manapun yang menyalahgunakan dan memanfaatkan perbankan Indonesia untuk kepentingan yang bertentangan dengan asas, fungsi, dan tujuannya.

Seperti diketahui, PP Muhammadiyah mengkaji menarik seluruh dana yang tersimpan di Bank Syariah Indonesia. Nantinya, dana tersebut dialihkan ke bank syariah lainnya.

Namun, sayangnya Muhammadiyah tidak menyebut besaran dana yang akan ditarik dan bank syariah mana yang nantinya akan menyimpan peralihan dana dari Bank Syariah Indonesia. Beredar kabar dana Muhammadiyah mencapai Rp15 triliun di Bank Syariah Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini