5 Cara Tingkatkan Konsentrasi saat Bekerja, Kurangi Main Smartphone!

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 22:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 622 2332109 5-cara-tingkatkan-konsentrasi-saat-bekerja-kurangi-main-smartphone-5SBrbRK4Ll.jpg Tenaga Kerja (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Fokus dan konsentrasi merupakan dua hal utama yang harus dimiliki ketika melakukan sebuah pekerjaan. Dengan dua kunci tersebut, pekerjaan akan dilakukan dengan tepat dan cepat.

Terkadang memang sulit untuk mendapatkan fokus dan konsentrasi ketika bekerja. Banyak gangguan yang diterima yang akhirnya memecah fokus kerja itu sendiri. Dengan demikian, pekerjaan yang seharusnya dapat dilakukan dalam sekejap menjadi terlambat

Untuk meningkatkan konsentrasi saat bekerja sangatlah mudah. Seseorang perlu membuat batasan tertentu terhadap dirinya agar pekerjaan tidak terbengkalai dan terhindar dari amarah rekan hingga atasan kerja.

Baca Juga: Atur Keuangan Lebih Hemat, Bedakan Keinginan dan Kebutuhan 

Dikutip dari akin Instagram Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Jakarta, Selasa (21/12/2020), meningkatkan konsentrasi dapat dilakukan dengan sangat mudah. Terdapat 5 cara yang telah Okezone rangkum untuk mendapatkan konsentrasi bekerja ala Kemnaker.

1. Meminimalisir Penggunaan Smartphone

Kurangi penggunaan smartphone saat bekerja supaya konsentrasi bisa terjaga baik. Menggunakan smartphone ketika bekerja akan membuat fokus teralihkan sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk menyelesaikan tugas terpakai untuk memainkan gadget.

 

 

2. Kerjakan Satu Hal pada Satu Waktu hingga Selesai

Jangan menunda pekerjaan. Jika dapat diselesaikan dengan satu waktu yang singkat, lakukan pekerjaan tersebut hingga tuntas. Terlalu menunda pekerjaan akan membuat rasa malas menguasai diri dan pekerjaan akan terbengkalai.

 

3. Lakukan Meditasi secara Teratur

Gunakan waktu luang untuk meditasi supaya bisa menenangkan pikiran. Pekerjaan yang menumpuk tentunya membuat stress di kepala. Maka dari itu, meditasi secara teratur sangat perlu dilakukan supaya konsentrasi kerja dapat terbangun lagi dan meminimalisir rasa stress yang ada.

 

 

4. Lakukan Aktivitas yang Memperlancar Oksigen ke Otak

Otak yang kekurangan oksigen akan membuat seseorang menguap dan menimbulkan rasa kantuk. Oleh karena itu, disarankan melakukan aktivitas kecil yang dapat melancarkan suplai oksigen menuju otak. Jika suplai tersebut lancar, konsentrasi kerja akan segera didapatkan untuk menyelesaikan beragam tugas yang ada.

 

5. Lakukan Peregangan Otot secara Berkala

 

Banyaknya pekerjaan membuat saraf dan otot menjadi tegang. Ketika hal itu terjadi, seseorang cenderung menjadi lesu dan lelah. Cobalah meregangkan otot tubuh secara berkala. Bangun dari kursi kerja dan lakukanlah aktivitas ringan. Setelah melakukannya, konsentrasi kerja dapat dimiliki sehingga tugas-tugas yang belum dikerjakan dapat terselesaikan dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini