Wamen BUMN Pahala Mansury Dapat Tugas dari Erick Thohir

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 320 2332752 wamen-bumn-pahala-mansury-dapat-tugas-dari-erick-thohir-wKufaq3mDw.jpeg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan arahan kepada Pahala Nugraha Mansury yang baru saja mengisi posisi Wakil Menteri BUMN I. Wejangan tersebut disampaikan usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik enam Menteri dan empat Wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju.

Pahala menyebut, Erick Thohir menyampaikan ihwal visi serta program Kementerian BUMN yang harus ditindaklanjuti ke depannya. Khususnya adalah transformasi perseroan plat merah yang menjadi langkah utama Menteri BUMN.

Baca Juga: Pahala Mansury Jadi Wamen BUMN, Hartanya Bikin Kaget

"Beliau juga sampaikan visi dan beberapa hal yang perlu kita tindak lanjuti. Arahan beliau, bagaimana kita di BUMN bisa terus lakukan transformasi, melakukan penciptaan nilai, dan di luar itu bisa berikan impact dan manfaat kepada masyarakat yang lebih luas," ujarnya, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Dalam kesempatan itu, dia juga mengutarakan bahwa hubungan dia bersama Mantan Bos Inter Milan itu terjalin sudah cukup lama. Sebelum ditunjuk sebagai Wamen I BUMN, jabatan terakhir Pahala sebagai Direktur Utama PT Bank BTN (Persero) Tbk. Di mana, dia diangkat melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 27 November 2019 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 10 Februari 2020 lalu.

Baca Juga: Gantikan Budi Gunadi, Pahala Mansury Dilantik Sebagai Wamen BUMN

Karena itu, saat Presiden Jokowi mengamanahkan dirinya untuk mendampingi Erick, dia pun menyatakan siap untuk membantu sang Menteri. Kontribusi itu secara khususnya untuk mendorongan pertumbuhan ekonomi ke depan, bagaimana BUMN bisa memberikan kontribusi yang tinggi dalam pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

"Tentunya karena kami sebagai Wamen BUMN tugasnya membantu pak Menteri BUMN, yang menghubungi kami juga Pak Menteri Erick Thohir pada waktu itu. Dan beliau belum lama ini sudah ketahui kami sebagai Dirut BTN dan sebelumnya di Pertamina sebagai Dirkeu. Interaksi dengan beliau sudah cukup banyak," katanya.

Saat ini Kementerian BUMN menyebut, serah terima jabatan (Sertijab) Wakil Menteri BUMN I antara Budi Gunadi Sadikin dan Pahala Nugraha Mansury belum dipastikan dilaksanakan hari ini. Meski Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Budi Gunadi sebagai Menteri Kesehatan dan Pahala Nugraha sebagai Wamen BUMN I.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan hal tersebut. "Sepertinya nggak ada agenda sertijab hari ini ya," ujar Arya.

Sebelumnya, pada Rabu pagi tadi, Presiden Joko Widodo melantik Pahala Nugraha Mansury menjadi Wakil Menteri BUMN. Pelantikan dilakukan bersama dengan enam Menteri dan tiga wakil Menteri baru lainnya.

Pelantikan ini sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 76/M Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

"Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri BUMN I. Dan kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dalam pelantikan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini