6 Tips Ampuh Curi Perhatian HRD saat Wawancara Kerja, Jangan Bohong!

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 21:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 622 2332999 6-tips-ampuh-curi-perhatian-hrd-saat-wawancara-kerja-jangan-bohong-uuQzJQxmOL.jpg Kerja (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Proses wawancara kerja merupakan hal penting yang dilakukan tiap perusahaan untuk merekrut orang baru. Biasanya mereka akan menggali informasi dan kompetensi calon karyawannya di tahap tersebut.

Para pelamar kerja akan ditanya berbagai hal oleh pewawancara pihak perusahaan atau HRD. Aspek yang ditanyakan biasanya meliputi, profil diri, keterampilan, pengetahuan soal perusahaan, hingga pengetahuan umum mengenai posisi yang dituju. Tak jarang pula pertanyaan seputar berbagai permasalahan dan solusi akan diajukan kepada calon karyawannya.

Dikutip dari instagram Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, Jakarta, Rabu (23/12/2020), agar diterima oleh perusahaan, pelamar kerja harus menarik perhatian pewawancara perusahaan dari jawaban yang diberikan. Dengan begitu, pewawancara akan merasa yakin untuk menerima pelamar kerja.

Berikut telah Okezone rangkum 6 tips menarik perhatian pewawancara agar diterima menjadi bagian dari perusahaannya.

 

1. Berpenampilan Profesional

Gunakanlah pakaian rapi dan sopan untuk menampilkan sikap profesional kepada pewawancara. Penampilan dan sikap profesional sangat dibutuhkan oleh pihak perusahaan karena jika tidak memilikinya, pekerjaan tidak akan selesai dan tujuan bersama bisa terhambat dalam mencapainya.


2. Persiapkan Diri

Persiapkan diri untuk menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan pewawancara. Cobalah untuk riset berbagai pertanyaan yang akan diajukan supaya ketika menjawabnya tidak mengalami kendala yang dapat membingungkan pewawancara.

3. Jawab dengan Jujur

 

Jawablah berbagai pertanyaan dengan jujur. Jangan sesekali berbohong. Jika ketahuan berkata bohong, karir pekerjaan akan hancur di kemudian hari. Lebih baik berkata apa adanya disertai dengan itikad kuat untuk berusahan semaksimal mungkin agar tidak menyia-nyiakan pekerjaan yang akan diemban.

4. Jadilah Diri Sendiri

 

Jawablah pertanyaan berdasarkan pemikiran pribadi. Meyakinkan pewawancara dengan branding yang tinggi memang tidak salah, tetapi menjadi diri sendiri itu lebih baik agar dalam melaksanakan tugas dikemudian hari tidak merasa terbebani.

 

5. Tepat Waktu

 

Manfaatkan waktu yang diberikan untuk menjawab dan menjelaskan pertanyaan dengan baik. Manajemen waktu sangat diperhatikan, apalagi nantinya akan terjun langsung ke dunia kerja. Jika tidak menguasai alur waktu wawancara, jawaban yang diberikan akan diputus dan beralih ke pertanyaan berikutnya.

6. Siapkan Ide-Ide Menarik

Tawarkan ide-ide menarik kepada pewawancara saat mendapatkan pertanyaan berupa permasalahan dan solusi yang harus diambil. Ide menarik tersebut nantinya bisa dijadikan referensi perushaan untuk mencari inovasi baru agar untuk mendongkrak nama perusahaan dan keuntungan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini