Menko Airlangga Pastikan Keuangan Negara Masih Kuat

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 24 Desember 2020 18:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 24 320 2333512 menko-airlangga-pastikan-keuangan-negara-masih-kuat-aEbDN1i9ag.jpeg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato emastikan kondisi keuangan Indonesia masih tetap terjaga dan aman. Meskipun Indonesia akan terus mengeluarkan dana pemulihan ekonomi Covid-19 tidak membuat keuangan negara terganggu.

Hartato mengatakan adanya kerjasama pemerintah dengan Bank Indonesia membuat keuangan negara masih aman.

Baca Juga: Sinovac Disuntik Rp7,26 Triliun Buat Produksi Vaksin Covid-19 

"Pemerintah masih bekerjasama dengan Bank Indonesia dalam bentuk burden sharing jadi kemampuannya besar. Jadi beban Bank Indonesia itu adalah 0 jadi sama sekali enggak membebani anggaran pemerintah," kata Airlangga Hartato dalam video virtual, Kamis (24/12/2020).

Lanjutnya dengan adanya berbagi beban ini membuat tingkat pinjaman tinggi. Namun, kata dia itu masih aman dikarenakan bunganya masih rendah.

 

"Tingkat pinjaman kita 3,6% tapi tingkat suku bunganya rendah," bebernya.

Airlangga mengatakan, pengadaan vaksin telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan mengimpor sebanyak 1,2 juta vaksin dalam bentuk jadi dari China. Saat ini pemerintah Indonesia telah menganggarkan Rp18 triliun untuk pembelian vaksin Covid-19.

“Sehingga diharapkan dalam bulan Desember 2020 ini sudah ada 15 juta bahan baku vaksin yang akan hadir. Adapun di bulan Januari 2021 akan hadir lagi 1,8 juta," imbuhnya.

Lalu pemerintah juga telah memutuskan pada tahap awal vaksinasi, penerima vaksin akan diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan, pekerja di garda terdepan, Satpol PP, TNI, Polri, pedagang pasar, dan UMKM. “Sehingga diharapkan rasa aman dan perekonomian akan bangkit lagi serta masyarakat akan mulai bergerak untuk meningkatkan daya beli,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini