Bukan Cuma PNS, Pegawai Kontrak Pemerintah Juga Dilarang Liburan ke Luar Kota

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 26 Desember 2020 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 26 320 2334084 bukan-cuma-pns-pegawai-kontrak-pemerintah-juga-dilarang-liburan-ke-luar-kota-a5I4Kj3Axn.jpg PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berdiam diri di rumah saat libur natal dan tahun baru. Himbauan ini ditujukan bukan hanya kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi juga pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Cegah Covid-19, PNS Jangan Berani-Berani Liburan Keluar Kota

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Rini Widyantini mengatakan himbauan ini tertuang dalam SE Menteri PANRB No.70/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Daerah dan Pengetatan Pemberian Cuti Bagi Pegawai ASN Selama Libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Covid-19. Tujuannya adalah untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19) saat libur nataru.

“ASN (termasuk PPPK) dan keluarganya diimbau untuk tidak bepergian selama libur akhir tahun ini untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ucapnya dalam keterangannya, Sabtu (26/12/2020).

Baca Juga: Perhatian! PNS Wajib Masuk Kerja di 28-30 Desember 

Bagi para pejabat yang melanggar termasuk PPPK akan ada sanksi yang diberikan. Bagi pejabat PPPK bisa dikenakan sanksi disiplin hingga pemutusan hubungan kerja untuk sanksi yang paling beratnya.

Sanksi tersebut mengacu oada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 49 tahun 2020. Dalam bagian ketujuh pasal 59 PP nomor 49 tahun 2018 tentang Pemutusan Hubungan Perjanjian Kerja karena Pelanggaran Disiplin.

Dalam poin pertama, Pemutusan hubungan perjanjian kerja PPPK karena melakukan pelanggaran disiplin PPPK tingkat berat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 53 ayat (2) huruf b apabila tidak mematuhi kewajiban atau melanggar larangan sebagaimana yang diatur dalam perjanjian kerja PPPK.

Kemudian pada poin kedua PPPK yang dikenakan pemutusan hubungan perjanjian kerja dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan hak sesuai dengan ketentuan peraturan perulndang- undangan dan masih dapat melamar sebagai PPPK.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini