PNS Wajib Masuk Hari Ini, Berikut 4 Faktanya

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 27 320 2334439 pns-wajib-masuk-hari-ini-berikut-4-faktanya-He9bGjKiwY.jpg PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Aparatur Sipil Negara (ASN) alias PNS diingatkan kembali untuk mulai masuk kerja pada Senin 28 Desember hingga 30 Desember 2020. Hal ini mengacu pada Surat Keputusan Bersama 3 Menteri terkait pemangkasan libur akhir tahun.

Berikut fakta PNS wajib masuk kerja yang telah dirangkum oleh Okezone, Senin (28/12/2020):

1. Ada Sanksi Bagi PNS yang Tak Masuk Kerja

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai masuk kembali pada 28 Desember. Nantinya lanjut Dwi, akan ada sanksi yang dikenakan bagi para ASN yang melanggar dan dengan membolos kerja di akhir tahun.

“Pasti (ada sanksi bagi ASN yang bandel atau tak patuh pada aturan),” ucapnya.

Baca Juga: Dear PNS, Jangan Lupa Hari Senin Wajib Masuk Kerja 

2. Pengawasan Ketat Libatkan Masyarakat

 

Oleh karena itu, nantinya pengawasan akan diperketat misalnya dengan melibatkan laporan masyarakat. Selain itu juga beberapa instansi yang menggunakan foto dan lokasi untuk absensi.

“Ya antara lain kalau ada laporan masyarakat. Sebagian sudah ada yg punya sistem absen yang ada foto dan lokasinya,” ucap Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) Dwi Wahyu Atmaji.

3. PNS Bolos Akan Dikenakan Hukuman Disiplin

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerjasama Badan Kepegawaian Negara Paryono mengatakan bagi mereka yang tidak masuk kerja tanpa keterangan akan dikenakan hukuman disiplin.

4. Ini Daftar Hukuman Bagi PNS Bolos Kerja

Adapun hukuman disiplin ASN ini terbagi ke dalam beberapa golongan dari mulai ringan, sedang hingga berat. Hal ini tertuang dalam PP No. 53/2010 tentang Disiplin PNS dan PP No. 49/ 2018 tentang Manajemen PPPK.

“Kalau dia tidak masuk kerja tanpa keterangan bisa kena hukuman disiplin. Pengawasan dilakukan oleh atasannya masing-masing,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini