Diprediksi Jadi Negara Maju, Transportasi Umum RI Bakal Lebih Canggih?

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 320 2334855 diprediksi-jadi-negara-maju-transportasi-umum-ri-bakal-lebih-canggih-Eipz98zPNa.jpg KRL Commuterline (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Indonesia diproyeksi akan menjadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada 2045. Sebab, nantinya Indonesia akan masuk ke dalam jajaran 5 besar negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Namun proyeksi baik ini tentunya harus didukung oleh sektor-sektor lainnya. Salah satunya adalah transportasi umum yang menjadi motor penggerak ekonomi baik dari sisi orang maupun barang.

Baca Juga: Masyarakat Kebingungan soal Aturan Transportasi saat Covid-19

Pendiri Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Suyono Dikun mengatakan, secara keseluruhan, transportasi umum di 2045 harus bisa menjadi salah satu lokomotif pendorong ekonomi nasional. Ada beberapa usulan mengenai arah transportasi yang bisa dijadikan bahan acuan bagi pemerintah.

Karena menurut Suyono, selama ini proyeksi Indonesia untuk menjadi negara maju baru berdasarkan makro ekonomi saja. Sementara itu, dari sisi transportasi belum diketahui akan mengarah seperti apa.

Baca Juga: Pengguna Transjakarta Tak Perlu Tes Rapid Antigen, Tapi....

"Bagaimana transportasi yang diinginkan pada tahun depan? Transportasi yang bisa mendukung ekonomi maju pada 2045," ujarnya dalam Webinar 'Outlook Transportasi 2021', Senin (28/12/2020).

Adapun usulan pertama adalah, transportasi Indonesia untuk menjadi negara maju harus berkelanjutan atau sustainable. Maksudnya adalah pada 2045 ini sistem transportasi di 2045 harus menjadi sistem yang berkemampuan membangun secara terus menerus untuk memperluas jaringan dan simpul transportasi sampai dengan tahap ultimate.

Selain itu, transportasi juga harus bisa integrasi antar satu moda dengan yang lainya. Namun, pembangunan transportasi di Indonesia juga harus sesuai dengan tata ruang sehingga bisa lebih ramah lingkungan juga.

Kemudian, transportasi Indonesia di saat menjadi negara maju juga harus seamless yang artinya bisa menyambungkan antar satu pulau dengan lainnya. Hal ini sangat diperlukan, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan.

Hal penting lainnya adalah transportasi harus bisa terintegrasi dengan kegiatan ekonomi. Kemudian transportasi juga harus bisa hemat energi dengan lebih memanfaatkan banyak energi terbarukan.

Lalu, hal yang paling penting untuk Indonesia bisa menjadi negara maju adalah transportasi yang dimiliki harus berteknologi tinggi. Dan terakhir adalah transportasi juga harus bisa menjamin keselamatan dan keamanan para penumpangnya.

"Sustainable, integrated, berkesesuaian dengan tata ruang, ramah lingkungan, kemudian seamles, integrasi dengan ekonomi, hemat energi dan berenergi baru terbarukan, berteknologi tinggi, dan juga menjamin pergerakan orang lebih cepat lebih jauh lebih aman dan selamat," kata Suyono.

Secara keseluruhan bisa disimpulkan jika ingin menjadi negara maju, transportasi yang dimiliki Indonesia harus lebih maju dan cepat. Namun selain itu, juga jangan lupa memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan di nomor pertama.

"Jadi transportasi ke depan Indonesia mestinya itu mempunyai sifat perjalanan itu lebih maju, lebih cepat, lebih aman lebih nyaman dan sebagainya," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini