Formasi CPNS Diumumkan Mei 2021, Ayo Siapkan Diri

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 320 2335732 formasi-cpns-diumumkan-mei-2021-ayo-siapkan-diri-SfDSREqhao.jpg Seleksi CPNS Tahun Depan Dibuka Lagi. (Foto: Okezone.com/Kemenkumham)

JAKARTA - Pemerintah mempersiapkan membuka kembali seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun depan. Hal ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat, mengingat pada tahun ini tidak ada seleksi pembukaan CPNS.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, saat ini instansi sedang melakukan penghitungan jumlah kebutuhan formasi untuk lima tahun ke depan. Setelah itu, jumlah formasi tersebut akan diserahkan kepada Kementerian PANRB.

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Minta Jangan Iri Lihat Gaji PNS DKI Jakarta

Barulah, BKN dan Kementerian PANRB akan menetapkan jumlah formasi yang akan dibuka pada CPNS 2021 mendatang. Adapun pengumuman jumlah formasi ini dilakukan paling lambat pada Mei 2021 mendatang .

"Itu diperkirakan formasi itu Mei sudah dapat ditetapkan," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (29/12/2020).

Baca Juga: Persiapan BKN Gelar Seleksi CPNS 2021, Ini Tahapannya

Adapun pelaksanaan tesnya direncanakan akan dilakukan paling lambat pada Juni 2021 mendatang. Sehingga, diharapkan pada Desember 2021 mendatang, seluruh proses seleksi CPNS pada tahun depan bisa rampung.

"Kenapa begitu? karena untuk pelaksanaan tesnya paling lambat bulan Juni harus sudah mulai. Agar bulan desember sudah bisa diselesaiakn seluruh seleksi CPNSnya," jelasnya.

Bima menambahkan, adapun Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan tetap ada pada CPNS 2021 mendatang. Nantinya, soal-soal akan dibuat dan ditambah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

"SKD akan tetap dilakukan bersamaan juga dengan SKB, soal-soal juga akan dibuat dan ditambah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memperbanyak jumlah soal yang bisa disampaikan," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini