Mohon Maaf, Tak Ada Lowongan Guru hingga Tenaga Kesehatan di CPNS 2021

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 320 2335743 mohon-maaf-tak-ada-lowongan-guru-hingga-tenaga-kesehatan-di-cpns-2021-F9tRG8hh6L.jpg Seleksi CPNS Tahun Depan Dibuka Lagi. (Foto: Okezone.com/Kemenkumham)

JAKARTA - Pemerintah akan membuka Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Rencananya, pengumuman CPNS dilakukan pada Mei 2021.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pada seleksi CPNS tahun depan tidak akan ada formasi guru. Karena seluruh formasi PPPK akan dialihkan menuju seleksi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga: Tjahjo Kumolo Minta Jangan Iri Lihat Gaji PNS DKI Jakarta

"Kemudian apakah guru CPNS, sementara ini bapak Menpan, bapak Mendikbud sepakat bahwa ke depan guru akan beralih menjadi PPPK," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (29/12/2020).

Bahkan menurut Bima, lowongan guru juga tidak akan pernah lagi diisi lewat seleksi CPNS ke depannya. Hal ini juga termasuk untuk pengisian tenaga kesehatan hingga penyuluhan yang nantinya akan diisi oleh lewat seleksi PPPK.

Baca Juga: Persiapan BKN Gelar Seleksi CPNS 2021, Ini Tahapannya

"Ke depan kami tidak akan menerima dengan status CPNS tapi PPPK. Demikian juga tenaga kesehatan dokter, penyuluh juga PPPK," jelasnya.

Bima menambahkan,untuk tahun depan sendiri pemerintah akan membuka seleksi PPPK untuk 1 juta orang guru. Diharapkan dengan pembukaan PPPK ini dapat memenuhi kebutuhan guru yang ada di Indonesia.

"Untuk 2021 ini, kami sudah mulai mempersiapkan diri untuk melaksanakan ujian PPPK bagi 1 juta orang guru. Ini akan dilakukan dbersama dengan Kementerian PanRB dan Kemendikbud. Mudah-mudahan dengan pengadaan PPPK 1 juta guru ini kebutuhan guru di sekolah-sekolah akan dapat terpenuhi dengan segera," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini