Dompet Menipis, Ini Tips Liburan Hemat di Akhir Tahun

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 622 2336232 dompet-menipis-ini-tips-liburan-hemat-di-akhir-tahun-B6NwLBWv6b.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Memasuki penghujung tahun, sebagai orang sudah mulai merencanakan kegiatan liburan bersama keluarga dan kerabat. Namun, kondisi libur di akhir tahun 2020 ini, mungkin akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pandemi Covid-19 masih melanda seluruh dunia.

Pandemi yang terjadi saat ini, turut berdampak pada kondisi perekonomian. Hal ini tentu menjadi hambatan bagi sebagian orang untuk tetap melakukan liburan di tengah sulitnya ekonomi.

Baca Juga: Likuiditas Perbankan RI Aman, Makin Banyak Orang Nabung

“Di kondisi seperti saat ini, sebenarnya disarankan untuk tidak melakukan liburan. Namun, jika tetap berencana berlibur, menetapkan anggaran dapat menghemat pengeluaran,” tutur Perencana Keuangan Andi Nugroho kepada Okezone Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Berikut ini beberapa tips merencanakan liburan hemat di akhir tahun yang tidak bikin kantong kering.

1. Tetapkan tujuan liburan

Pertama kali yang harus dilakukan tentu mentetapkan tujuan liburan. Baik itu di dalam kota ataupun luar kota. Di kondisi pandemi seperti saat ini, Andi menyarankan untuk tidak memilih lokasi wisata yang ramai. Atau bisa memilih berlibur dengan bersantai di hotel.

 

2. Buat anggaran liburan

Sebelum liburan penting untu membuat anggaran. Ini bertujuan untuk mendisiplinkan diri agar tidak terjadi pengeluaran yang berlebihan. Menurutnya, ada dua anggaran yaitu anggaran yang dapat diprediksi dan yang tidak dapat diprediksi.

“Anggaran ada yang dapat diprediksi yaitu anggaran ke tempat wisata, transportasi dan akomodasi. Sementara anggaran yang tidak bisa diprediski adalah untuk makan, jajan, dan oleh-oleh,” jelasnya.

Maka penting untuk menyiapkan anggaran terutama untuk yang dapat diprediski. Tentukan anggaran dan usahakan selalu mematuhi anggaran tersebut.

3. Pisahkan rekening liburan

Memisahkan rekening dapat menjadi trik untuk menghemat pengeluaran selama liburan. Setelah menentukan anggaran, pisahkan dana untuk liburan dengan dana lainnya pada rekening berbeda.

“Pisahkan rekening untuk liburan dengan rekening lain. Ini bisa menjadi trik agar budget nggak jebol,” kata Andi.

4. Siapkan dana tambahan

Saat itu, pemerintah mewajibkan masyarakat yang akan berpergian ke luar kota untuk menyerahkan surat bebas Covid-19. Maka, diperlukan dana tambahan untuk melakukan tes Rapid Antigen atau PCR.

Misalnya, harga tes 200 ribu per orangnya, jadi bagi yang akan berlibur bersama keluarga misalnya beranggotakan empat orang, diperlukan dana liburan tambahan sebesar 800 ribu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini