Berkat Vaksin, Zhong Shanshan Jadi Orang Terkaya di Asia Menggeser Mukesh Ambani

Kamis 31 Desember 2020 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 455 2336856 berkat-vaksin-zhong-shanshan-jadi-orang-terkaya-di-asia-menggeser-mukesh-ambani-OyR0xXJ1fc.jpg Zhong Shanshan Jadi Orang Terkaya Asia. (Foto: Okezone.com/Rex Features)

JAKARTA - Zhong Shanshan menjadi orang terkaya di Asia berkat perusahaan produksi vaksin dan air kemasannya. Kekayaan pengusaha asal China ini pun bertambah USD7 miliar atau setara Rp98 triliun).

Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index, nilai kekayaan Zhong secara keseluruhan mencapai USD77,8 miliar atau sebesar Rp1.089 triliun. Dirinya pun menjadi orang terkaya ke-11 di dunia.

Baca Juga: Mengenang 5 Crazy Rich Dunia yang Meninggal di 2020

Sedangkan di Asia, Zhong bisa menyalip daftar orang terkaya Asia yakni Mukesh Ambani (India) dan sesama pengusaha China, Jack Ma. Demikian dikutip dari BBC Indonesia, Kamis (31/12/2020).

Zhong, yang dijuluki 'serigala tunggal', telah merambah bisnis media, pertanian jamur, dan layanan kesehatan. Pada April lalu, dia melaksanakan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham perusahaan pembuat vaksin Beijing Wantai Biological di Bursa Saham China.

Baca Juga: Daftar Orang Terkaya Dunia 2020: Ada Jeff Bezos hingga Bos Djarum

Tiga bulan kemudian, dia melakukan hal serupa pada perusahaan air kemasan Nongfu Spring di bursa saham Hong Kong.

Kala itu, aksi tersebut mendorong kekayaannya melampaui pendiri Alibaba, Jack Ma, yang sebelumnya merupakan orang terkaya di China dan Asia.

Sejak penawaran umum perdana, saham Nongfu Spring melejit di lantai bursa Hong Kong hingga 155%. Sedangkan saham Beijing Wantai Biological melonjak 2.000% dan perusahaan itu adalah salah satu yang mengembangkan vaksin Covid-19.

Peningkatan drastis ini menaikkan posisi Zhong menjadi orang terkaya di Asia dan ke-11 di dunia.

Menurut Bloomberg, pencapaian Zhong adalah salah satu akumulasi kekayaan tercepat dalam sejarah.(fbn)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini