Belajar dari Konglomerat Li Ka Shing, Atur Keuangan Demi Masa Depan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 622 2336743 belajar-dari-konglomerat-li-ka-shing-atur-keuangan-demi-masa-depan-QHbFQJPdO0.jpeg Belajar Cara Mengatur Keuangan dari Li Ka Shing. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Semua orang pasti ingin sejahtera secara finansial supaya mencapai tujuan di masa depan. Salah satu kunci keberhasilannya dengan pengelolaan keuangan yang baik dan benar.

Mengelola keuangan memang tidak semudah yang dibayangkan. Masih banyak orang yang kesulitan melakukannya, bahkan cenderung boros.

Padahal, penghasilan sebesar apapun tidak akan menjamin kesejahteraan hidup seseorang, jika tidak bisa mengatur keuangan pribadi dengan bijak.

Mengutip buku berjudul “Anak Muda Miliarder Saham” Oleh Andika Sutoro Putra, Kamis (31/12/2020), pelajaran mengelola keuangan dapat diambil dari Li Ka Shing, Konglomerat Hong Kong yang merupakan salah satu orang terkaya se-Asia menurut majalah Forbes Amerika tahun 2007.

Baca Juga: Dana Tabungan di Bank Ini Kian Banyak

Menurutnya, mengelola keuangan yang tepat adalah dengan membagi penghasilan menjadi lima bagian sebagai berikut.

Living Experience

Bagian ini dapat digunakan sebagai kebutuhan hidup sehari-hari secara sederhana. Misalnya seseorang dengan penghasilan Rp5 juta rupiah per bulan, bisa hidup dengan biaya Rp1,5 juta Rupiah per bulan. Dengan biaya segitu, masih bisa hidup dengan makanan bergizi.

Gaya hidup seperti itu memang terlihat miskin, tetapi tidak apa-apa. Asalkan memiliki tujuan yang jelas ke depannya, dan selalu ingat pepatah “bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian”.

Making Friends

Pada bagian ini, uang bisa dialokasikan untuk membangun dan memperluas networking. Sebab, jaringan pertemanan yang luas merupakan salah satu akses untuk menuju kesuksesan di masa depan.

Baca Juga: Dompet Menipis, Ini Tips Liburan Hemat di Akhir Tahun

Misalnya, satu juta rupiah per bulan bisa digunakan untuk mentraktir empat sampai lima kali makan siang. Tetapi perlu diingat, traktir orang-orang yang memiliki wawasan yang lebih luas, lebih kaya dan yang memberi kontribusi dalam berkarier.

Education

Tentu bagian ini tidak kalah pentingnya, sisihkan uang untuk belajar hal-hal baru agar pengetahuan dan wawasan semakin luas. Alokasikan sejumlah uang untuk membeli dua hingga tiga buku dalam sebulan.

Selain itu, bisa juga dengan mengikuti seminar atau pelatiham. Dari sana, akan banyak ilmu yang didapat untuk menjadi orang sukses. Keuntungan lainnya, akan bertemu banyak teman baru yang memiliki bidang dan pemikiran yang sama.

Overseas Holiday

Berlibur juga penting untuk dilakukan. Rencanakan liburan minimal satu kali dalam setahun. Liburan akan memberi energi baru untuk bertumbuh besar dari pengalaman hidup. Pelajari tips untuk menghemat biaya liburan, seperti tinggal di penginapan murah tanpa kehilangan kesan.

Jika sudah menerapkan money management seperti ini, maka tidak ada penyesalan ketika mengeluarkan uang untuk liburan.

Investment

Ini dia bagian terakhir yang penting sekali, berinvestasilah. Coba komitmen untuk berinvestasi setiap bulannya di saham-saham yang bisa memberikan keuntungan yang besar di kemudian hari.

Investasi saham cukup mudah dilakukan dan tidak perlu terlibat langsung. Sehingga seseorang bisa tetap fokus pada pekerjaannya dan mendapatkan income jangka panjang yang besar di pasar saham.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini