Mau Bikin Bank Syariah, Muhammadiyah Tunggu RUPS BSI

Michelle Natalia, Jurnalis · Jum'at 01 Januari 2021 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 320 2337277 mau-bikin-bank-syariah-muhammadiyah-tunggu-rups-bsi-WPJwqEhbLB.jpg Bank Syariah (Shutterstock)

JAKARTA - Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah sedang mengkaji pendirian bank syariah baru. Gagasan pendirian Bank Syariah Muhammadiyah itu muncul, dengan misi penguatan ekonomi umat khususnya mereka yang berusaha di skala UMKM.

Ketua Bidang Ekonomi PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengatakan pihaknya masih perlu mengkaji setelah Bank Syariah Indonesia (BSI) melakukan rapat umum pemegang saham (RUPS) nanti.

 Baca juga: Ingin Buat Bank Syariah, Muhammadiyah Harus Akuisisi Perbankan Cilik

"Muhammadiyah belum menentukan sikap. Menunggu RUPS dan road map bank syariah indonesia 1 Februari 2021," kata Anwar saat dihubungi MNC Portal di Jakarta, Jumat (1/1/2021).

Lanjutnya, tim yang akan membuat Bank Syariah sendiri saat ini masih terus bekerja dalam memgambil langkah tepat. Hal ini dilakukan dengan hati-hati dalam pembuatan Bank Syariah Indonesia.

 Baca juga: Jadi Tren, Indonesia Bakal Dibanjiri Bank Syariah

" Tim masih bekerja mempelajarinya mbak rina. Banyak skl kemungkinan. Dan itu ada ahli-ahlinya," jelasnya.

Sebagai informasi, Muhammadiyah berencana mengalihkan semua dananya kepada bank-bank syariah lain yang skalanya masih lebih kecil yang lebih menjangkau UMKM.

Juga mengalihkan seluruh pembiayaan yang diterimanya kepada bank baru yang menjadi mitranya apakah itu bank negara syariah yang tidak ikut merger atau Bank Pembangunan Daerah (BPD) Syariah atau BPD yang ada unit syariahnya serta kepada bank-bank umum syariah atau bank-bank umum yang punya unit syariahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini