Peran Penting APBN saat Covid-19, Sri Mulyani: Untuk Merawat Rakyat

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Jum'at 01 Januari 2021 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 320 2337328 peran-penting-apbn-saat-covid-19-sri-mulyani-untuk-merawat-rakyat-D9Zl7NC0xC.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Instagram SMIndrawati)

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) adalah instrumen utama dalam menangani pandemi Covid-19. APBN dapat digunakan untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi tersebut.

“APBN adalah instrumen andalan utama dalam menangani musibah pandemi Covid-19 untuk merawat rakyat yang terpapar, mendukung tenaga kesehatan di garis depan, menyiapkan rumah sakit hingga ruang isolasi,” kata Menkeu Sri Mulyani yang dikutip Okezone dari Instagram Miliknya, Jumat (1/1/2021).

 Baca juga: Sri Mulyani Klaim Dunia Berhasil Hindari Skenario Terburuk Covid-19

Selain itu, dia menjelaskan bahwa APBN juga berperan dalam membantu rakyat yang kehilangan mata pencaharian, terhimpit beban hidup, dan membantu kegiatan pendidikan, seperti murid, mahasiswa, guru, dosen, sekolah, hingga pesantren.

Dalam dunia bisnis, APBN ikut meringankan beban usaha kecil dan dunia usaha yang terpuruk. Instrumen tersebut pun bekerja sangat keras ketika menghadapi resesi dan mendongkrak kembali usaha pemulihan ekonomi.

 Baca juga: 2020 Tahun Sulit, Sri Mulyani: Mari Belajar Kehidupan hingga Takdir

“Beban belanja begitu besar dan mendesak, pada saat penerimaan negara turun dan tertekan,” lanjutnya.

Sri Mulyani menuturkan, Kementerian Keuangan sebagai Bendahara Negara perlu bersama-sama bekerja keras dan cermat dalam membantu rakyat dan ekonomi agar cepat pulih dari Covid-19. Dia juga mengatakan bahwa memulihkan kesehatan APBN juga sangat penting untuk merealisasikan tujuan tersebut.

“Ini tugas yang tidak ringan. Namun, mulia dan utama. Perjalanan kita masih panjang, risiko dan kesulitan harus kita waspadai dan atasi. Ibarat lari sprint, namun dengan jaga jarak,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini