Pulihkan Ekonomi, RI Bisa Kurangi Ketergantungan dengan China

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2021 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 02 320 2337735 pulihkan-ekonomi-ri-bisa-kurangi-ketergantungan-dengan-china-gFfs1SZ5v2.jpg RI Harus Bisa Kurangi Ketergantungan dengan China. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Muhammdiyah menilai masalah ekonomi Indonesia karena Covid-19 menyebabkan masyarakat takut ke luar rumah. Roda perekonomian pun terganggu bahkan membuat krisis ekonomi.

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas mengatakan, dampak Covid-19 bisa lihat dengan terjadinya resesi ekonomi di negeri ini. Hal ini menyebabkan meningkatnya angka kemiskinan dan pengangguran.

Baca Juga: Selain Pelatihan Prakerja, Balai Latihan Juga Buka Pendidikan Elektronika hingga Pariwisata

Selain itu, daya beli masyarakat ikut menurun dan tentu saja membuat dunia usaha mengalami kesulitan.

"Masalah Covid-19 di mana korban yang sakit dan meninggal tampak masih sangat tinggi bahkan memperlihatkan kecenderungan yang semakin meningkat. Hal itu tentu jelas sangat2 merisaukan kita semua," kata Anwar Abbas, di Jakarta, Sabtu (2/1/2021).

Baca Juga: 8 Refleksi Buruh di Tahun 2020

Di sisi lain, meningkatnya pengaruh China juga tampak sangat luar biasa membuat pemerintah daerah tidak bisa berbuat apa-apa.

"Sehingga tenaga kerja asing dari China bisa dengan mudah dan bebasnya keluar masuk ke daerah mereka dalam jumlah yang besar padahal rakyat di daerah mereka banyak yang menganggur dan butuh pekerjaan," bebernya.

Oleh karena itu, dia meminta pemerintah betul-betul lebih serius dan lebih bisa fokus lagi bagi mengatasi masalah Covid 19. Serta masalah ekonomi serta penegakan hukum yang seadil-adilnya dan pembatasan tenaga kerja asing terutama yang berasal dari negara China.

"Karena kalau masalah-masalah ini tidak bisa kita tangani dan lakukan dengan baik maka tentu negeri ini akan semakin menghadapi masalah yang lebih besar dan lebih ruwet berupa terjadinya krisis sosial yang hal itu tentu jelas-jelas tidak kita inginkan," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini