Mau Main Saham dengan Gaji Pas-pasan? Perhatikan Hal ini

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 278 2338541 mau-main-saham-dengan-gaji-pas-pasan-perhatikan-hal-ini-GGAhISvgR7.jpg saham (Shutterstock)

JAKARTA - Pengelolaan uang dengan tepat akan memberikan banyak keuntungan, terutama untuk masa depan. Saat ini, banyak pula yang memulai langkah awalnya dengan berinvestasi, terutama di pasar modal.

Namun, di keadaan gaji pas-pasan, bahkan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari membuat orang bingung untuk memulai investasi. Nah, selagi masih banyak kesempatan, sebaiknya mulai pikirkan sejak sekarang untuk mempelajari dan memulai berinvestasi yang tepat.

 Baca juga: Waspada! Investor dan Calon Investor Saham Jadi Incaran Penipu, Begini Modusnya

Mengutip dari postingan Instagram Indonesia Stock Exchange, Senin (4/1/2021), berikut tips memulai investasi dengan penghasilan yang pas-pasan;

Tentukan Anggaran Dana

Berapa besar bisa menyisihkan dana investasi setiap bulannya. Buatlah pos dana untuk berinvestasi. Pastikan sesuai dengan kondisi keuangan dan jangan lupa mencatatat keuangan pribadi.

 Baca juga: Investasi di Obligasi, Begini 4 Keuntungannya

Belajar dan Kenali Risiko

Kenali dulu profil risiko dan risiko dari masing-masing instrumen investasi. Jangan sampai salah pilih, belajar lebih dulu agar mengerti sebelum memulai investasi.

Di BEI ada Sekolah Pasar Modal (SPM), untuk yang mau belajar investasi di Pasar Modal Indonesia.

Mulai Membuka Rekening

Kalau sudah ada dana dan paham produk investasinya, langsung buka rekening di Perusahaan Sekuritas. Pastikan Perusahaan Sekuritas merupakan anggota bursa, agar lebih aman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini