Terjawab Sudah, Ini 5 Alasan Besaran Gaji PNS Beda-Beda

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 08:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 320 2338295 terjawab-sudah-ini-5-alasan-besaran-gaji-pns-beda-beda-JdTrQ6HmE5.jpeg Gaji (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Jangan heran bila Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia gajinya tidak seragam. Hal ini lantaran ada beberapa faktor penyebabnya.

Baca Juga: 4 Fakta Nasib Kenaikan Gaji PNS Tak Disetujui Sri Mulyani

Oleh sebab itu, diharapkan tak ada kecemburuan antar para abdi negara tersebut bila mengetahui ada besaran gaji yang diterima berbeda dengan koleganya. Setidaknya, ada 5 alasan kenapa setiap PNS gajinya berbeda.

Baca Juga: 6 Fakta Gaji PNS Minimal Rp9 Juta Batal, Tjahjo Kumbolo Minta Maaf

Berikut penyebab besaran gaji yang diterima oleh PNS tidak selalu sama. Ini rinciannya yang dikutip dari akun Twitter MEN PANRB Tjahjo Kumolo @tjahjo_kumolo:

- Daerah penugasan

- Tingkatan jabatan

- Tingkatan pangkat

- Kemampuan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

- Nilai capain reformasi birokrasi instansi

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, wacana untuk menaikkan penghasilan ASN harus buyar karena datangnya pandemi virus corona (covid-19).

“Karena pandemi Covid-19, maka prioritas keuangan untuk kebutuhan-kebutuhan terkait subsidi kesehatan dan sosial," ujarnya saat dihubungi Okezone, Rabu (30/12/2020).

Jika berandai-andai usulan tersebut disetujui maka diperkirakan penghasilan rata-rata minimal ASN adalah Rp9 juta. Itu pun tergantung pada jabatan atau kepangkatan di masing-masing instansi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini