Kini Karyawan Google Bentuk Serikat Pekerja demi Upah Layak

Agregasi VOA, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 320 2340900 kini-karyawan-google-bentuk-serikat-pekerja-demi-upah-layak-jKTU6PqNkj.png Google (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lebih dari 200 karyawan Google di Amerika Serikat telah membentuk sebuah serikat pekerja, demikian ditulis oleh para pemimpin serikat pekerja yang terpilih dalam sebuah artikel opini New York Times.

Serikat pekerja ‘Alphabet Workers Union’ itu bertujuan untuk memastikan para karyawan dipekerjakan dengan upah yang adil, tanpa dibayang-bayangi rasa khawatir terhadap tindak pelecehan, pembalasan atau diskriminasi, demikian dinyatakan oleh ketua serikat pekerja itu lebih lanjut.

Baca Juga: Uni Eropa Perketat Aturan, Google hingga Facebook Hadapi Tantangan Besar 

Google mendapat kecaman dari sejumlah penentu kebijakan ketenagakerjaan AS, yang menuduh perusahaan teknologi itu secara tidak sah menanyai beberapa pekerja yang kemudian dipecat akibat menyuarakan protes terhadap kebijakan perusahaan dan dukungan untuk upaya pembentukan serikat pekerja. Google menyatakan yakin bahwa perusahaan telah mematuhi aturan hukum yang berlaku.

"Kami sedang mengembangkan organisasi selama bertahun-tahun di Google untuk menciptakan struktur formal bagi para pekerja," tulis para pemimpin serikat itu dan sekaligus menambahkan hingga berita ini diturunkan sebanyak 226 karyawan telah menandatangani kartu anggota serikat pekerja dengan Communications Workers of America.

"Karyawan kami telah dilindungi oleh hak-hak tenaga kerja yang kami dukung. Namun, seperti yang selalu kami lakukan, kami akan tetap melibatkan diri secara langsung dengan seluruh karyawan," demikian dikemukakan oleh Kara Silverstein, direktur operasional urusan pegawai di Google.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini