Kriteria Pensiunan PNS yang Bisa Cairkan Dana Taperum

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Sabtu 09 Januari 2021 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 09 320 2341556 kriteria-pensiunan-pns-yang-bisa-cairkan-dana-taperum-5yknzqCmau.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) akan mencairkan Dana Tabungan Perumahan Rakyat (Taperum) untuk pensiunan PNS pekan depan. Namun tidak semua pensiunan PNS bisa mendapat dana tersebut.

Direktur Operasi Pengerahan Dana BP Tapera, Budi Santoso mengatakan, PNS yang pensiun sebelum Mei 2019 sudah memperoleh dana Taperum.

Baca Juga: Pengumuman! Dana Taperum Pensiunan PNS Cair Minggu Depan

"Dana Taperum PNS yang dikembalikan tersebut telah memperhitungkan manfaat bantuan yang pernah diterima selama menjadi Peserta Bapertarum-PNS (Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat)," katanya dikutip Sabtu (9/1/2021).

Dengan kata lain, kata Budi, pengembalian dana Taperum hanya untuk PNS yang pensiun pada periode Mei 2019 hingga Desember 2020. BP Tapera, kata Budi, menggandeng PT Taspen (Persero) untuk mencairkan dana tersebut.

 

"BP Tapera bekerja sama dengan PT Taspen (Persero), setelah proses verifikasi dan validasi data serta penghitungan saldo individu PNS Pensiun," katanya.

Dana Taperum awalnya dikelola oleh Bapertarum sebelum dibubarkan secara resmi pada 23 Maret 2018. Lembaga itu digantikan oleh BP Tapera yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 4 tahun 2016.

Sebelumnya, Deputi Komisioner bidang Pengerahan Dana BP Tapera, Eko Ariantoro menyebut, dana Taperum akan diberikan kepada pensiunan PNS. Jika sudah meninggal, maka akan dikembalikan kepada ahli waris dari PNS Pensiun.

Eko berjanji tak mempersulit proses pencairan asal seluruh dokumen yang dibutuhkan ada dan sah. Dokumen-dokumen tersebut mencakup KTP, SK Pensiun, dan nomor rekening bank. Untuk Ahli Waris ASN Pensiun, persyaratan ditambah dengan Surat Kuasa bermaterai, KTP Ahli Waris, dan Surat Keterangan Ahli Waris.

“Pensiunan maupun ahli waris dapat menerima dana tersebut setelah dokumen-dokumen yang diperlukan atas nama peserta atau ahli waris selesai diverifikasi,” ucapnya beberapa waktu lalu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini