Peluang Usaha Katering agar Dapat Cuan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 07:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 455 2342616 raup-cuan-dari-usaha-katering-begini-caranya-pStcO66qDE.jpg Bisnis Kuliner (Foto: Okezone)

JAKARTA Usaha makanan atau kuliner merupakan usaha yang selalu diminati dan mampu bertahan lama. Pasalnya, makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia.

Katering menjadi salah satu bisnis yang populer. Sejak dulu, bisnis ini memang sudah dikenal menjanjikan dan memiliki prospek yang cerah. Inilah yang menjadi alasan banyak orang mencoba untuk memanfaatkan peluang usaha katering.

Baca Juga: Tips Belanja Online yang Aman agar Tak Tertipu, Simak di Sini 

Mengutip buku berjudul Kursus Singkat Usaha Aneka Katering Laris Manis oleh Wulan Ayodya Jakarta, Selasa (12/1/2021), usaha katering banyak ditemui di kota-kota besar maupun kecil dan jumlahnya semakin bertambah dari waktu ke waktu.

Namun, ini tak membuat peluang bisnis katering menjadi kecil. Hal ini seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan gaya hidup yang semakin praktis. Hal ini tentu akan membuat banyak orang membutuhkan jenis usaha ini.

 

Terlebih ketika memasuki musim pengantin, ketika orang mengadakan pernikahan karena perhitungan bulan baik (menurut adat). Bahkan sebelum pandemi, hampir setiap bulan ada acara pernikahan. Ini menjadi peluang menjanjikan bagi usaha katering.

Memang, usaha katering biasanya dikenal dengan usaha yang menyediakan makanan untuk acara pesta, tapi kini tidak hanya itu. Usaha katering telah berkembang dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Ada beberapa jenis katering yang berkembang belakangan ini. Mulai dari katering pesta, katering rantangan, katering perusahaan/pabrik, katering transportasi, katering menu tertentu, katering rumah sakit, katering khusus, dan lainnya.

Kebanyakan usaha katering akan berkembang berkat rekomendasi orang-orang. Misalnya, ketika ada orang yang merasa cocok dengan makanan dan nyaman atas pelayanan dari satu jasa katering, maka dia akan merekomendasikannya kepada kenalannya. Dari situlah usaha katering bisa besar dan sukses.

Kemunculan banyaknya bisnis katering saat ini, tentu menimbulkan persaingan ketat. Maka dari itu, pelaku usaha dituntut untuk semakin kreatif menggali ide-ide dalam variasi makanan hingga cara pemasaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini