4 Cara Menghemat Penghasilan Bulanan, Coba Investasi

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 07:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 622 2343161 4-cara-menghemat-penghasilan-bulanan-coba-investasi-dX9aY0Ui9q.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Menentukan cara untuk menghemat uang pada pengeluaran sangat penting untuk semua orang. Hal itu dipilih untuk membantu menjaga kesehatan dan menentukan keputusan keuangan agar pemenuhan kebutuhan dapat berjalan dengan baik.

Selain untuk memenuhi kebutuhan, penghematan uang juga perlu dilakukan agar jika suatu saat mengalami kejadian yang tidak diinginkan bisa menggunakannya sebagai dana darurat. Uang yang dihemat tersebut juga bisa digunakan untuk berinvestasi supaya pemasukan bisa terus masuk.

Baca Juga: Mau Negosiasi Kenaikan Gaji, Ini 4 Tipsnya

Dilansir dari Real Simple, Jakarta, Rabu (13/1/2021), berikut ini 4 cara yang bisa dilakukan untuk menghemat uang supaya kesehatan uang dapat dimiliki dan bisa digunakan untuk investasi.

1. Investasikan Gaji Sebulan Tanpa Merasakannya

Menurut Patrick B. Martinez ,Pendiri Dan CEO 3 / Axis Wealth di Chicago Pattrick B. Martinez, Banyak orang dibayar selama 26 periode pembayaran. Itu berarti, dua kali setahun, seseorang bisa menerima tiga gaji sebulan, bukan dua gaji biasa. Tandai gaji ekstra ini di kalender dan atur untuk dimasukkan ke dalam akun investasi, pensiun, atau tabungan berbunga tinggi.

2. Otomatiskan untuk Mengakumulasi

Menurut Ellen O'Connell, CFP, konsultan keuangan di Fidelity Investments, untuk rekening tabungan pensiun di tempat kerja, banyak perusahaan menawarkan fitur peningkatan otomatis yang memungkinkan untuk meningkatkan kontribusi per gaji sebesar 1% atau lebih secara berkala.

Pengakumulasian akan meningkat setiap kuartal hingga mencapai kontribusi 15% yang disarankan. Peningkatan yang terjadi biasanya sangat kecil dan tidak bisa dirasakan, tetapi hasil akhirnya akan sangat memuaskan.

3. Batalkan Asuransi Hipotek

Carol Fabbri, CFP, Kepala Sekolah di Fair Advisors dan Direktur Eksekutif di Fair Advisors Institute di Denverika mengatakan, kalau memiliki ekuitas kurang dari 20% yang direkomendasikan untuk sebuah rumah, pemberi pinjaman akan menagih untuk asuransi hipotek pribadi atau private mortgage insurance (PMI).

Dalam kebanyakan kasus, ketika ekuitas seseorang mencapai 22%, asuransi ini akan secara otomatis dibatalkan. Namun, jika sudah mencapai 20%, Anda bisa meminta pemberi pinjaman untuk mengakhirinya.

4. Bawa uang Tunai

Sebagai alternatif, gunakan uang tunai sebagai pengganti kartu ATM. Siapkan uang tunai untuk acara malam atau siang hari agar tidak mengeluarkan uang terlalu banyak. Menyerahkan tagihan akan mendorong untuk berpikir kritis tentang pengeluaran dan dapat membantu mengurangi pengeluaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini