Jokowi Disuntik Vaksin Covid-19, Orang Kaya Langsung 'Buang-Buang' Duit?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 320 2343581 jokowi-disuntik-vaksin-covid-19-orang-kaya-langsung-buang-buang-duit-OnWqi9v5ia.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah disuntik vaksin Covid-19 pada hari ini Rabu (13/1/2021). Jokowi disuntik sekitar pukul 09.42 WIB

Adapun, dengan adanya kegiatan vaksinasi ini membuat kegiatan usaha bakal kembali optimis pulih. Ekonom Indef Bhima Yudistira mengatakan kecenderungan akan membaik meskipun bertahap. Apalagi kelas menengah atas bisa kembali mendongkrak daya beli

 Baca juga: Diskusi Golkar Dihadiri Airlangga, Pakar: Indonesia Harus Perkuat Kerja Sama ASEAN

"Vaksinasi diharapkan mampu membangkitkan gairah belanja konsumen kelompok menengah dan atas," kata Bhima saat dihubungi MNC Portal, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Sementara membaiknya dunia usaha juga bertumpu pada realisasi belanja pemerintah atau stimulus PEN diawal tahun. Perbaikan dunia usaha dianggap tidak optimal jika distribusi vaksin terhambat.

 Baca juga: Varian Baru Covid-19 dan PPKM Bikin Pengusaha Tak Optimis

"Jadi perlu dipastikan target vaksinasi lebih cepat khususnya vaksin untuk masyarakat dan pelaku usaha," katanya.

Senada yang sama, Ekonom Core Piter Abdullah menilai vaksinasi membantu penanggulangan pandemi tapi tidak seratus persen menjamin, jika, masyarakat tetap tidak disiplin vaksinasi bisa menjadi tidak efektif.

"Penanggulangan pandemi masih membutuhkan waktu yang lama. PSBB harus tetap dijalan secara ketat. Bila Itu yang terjadi pertumbuhan ekonomi tetap akan rendah. Target 5% sulit dicapai," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini