6 Tips Renovasi Dapur agar Hasilnya Maksimal

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 470 2344262 6-tips-renovasi-dapur-agar-hasilnya-maksimal-kgSPqwsiYN.jpg Dapur (Shutterstock)

JAKARTA – Dapur merupakan tempat nyaman untuk memasak di dalam rumah. Apalagi ditambah dengan desain ruangan yang menyertainya. Namun, jika bosan dengan suasana dapur sekarang, desain interior dapur pun bisa diubah.

Mengubah desain interior dapur juga semestinya tidak sekadar iseng-iseng saja. Melainkan, perlu dilakukan dengan matang supaya kenyamanan saat memasak yang akan dihadirkan bisa bertahan lama. Lakukan proses-proses penting, seperti perencanaan dan pelaksanaan yang matang untuk menghadirkan perasaan nyaman itu.

 Baca juga: IMF Sebut Kombinasi Kebijakan BI Bikin Perbankan Stabil

Dilansir dari Home Design Lover, Jakarta, Kamis (14/1/2021), memutuskan untuk merenovasi dapur berarti seseorang sudah tidak begitu senang dengan desain yang ada. Maka dari itu, untuk mendapatkan hasil akhir dari renovasi yang indah, perlu dilakukannya beberapa hal.

Berikut ini telah dirangkum 6 tips saat merenovasi dapur rumah.

1. Alokasikan Dana

Saat ingin merenovasi dapur, tentunya membutuhkan dana segar karena akan melakukan pembelian bahan dan peralatan lainnya. Tak hanya itu, pastinya tenaga kerja yang dipekerjakan pun perlu dibayar.

 Baca juga: Jumlah Bank Kecil Terus Berkurang, Ini Penyebabnya

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengalokasikan dana untuk keperluan tersebut. Selalu penting untuk memiliki anggaran untuk memastikan tidak akan mengeluarkan uang berlebihan untuk apa pun.

Dianjurkan bahwa ketika mengalokasikan anggaran untuk dapur, sebaiknya menghabiskan 29% untuk lemari dan perangkat keras, 22% untuk desain dan pemasangan, 16% untuk langit-langit, lantai, jendela, dinding dan pintu, 14% untuk peralatan dan ventilasi, 10% untuk counter dan 9% untuk listrik dan perpipaan.

2. Lakukan Research Bahan

Setelah tadi membuat alokasi anggaran, saatnya untuk mencari tahu harga bahan-bahan bangunan dan peralatan yang diperlukan dalam merenovasi dapur.

Lihatlah ke toko-toko sehingga akan memiliki ide tentang pilihan apa yang lebih baik untuk dibeli. Misalnya, ingin membeli rangkaian produk baru, meneliti secara online tentang merek, dan tipe apa yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dibentuk.

3. Rencanakan Ruang Lingkup Pekerjaan

Ketika merenovasi dapur, tentunya para pekerja konstruksi telah mengetahui tugas mereka. Namun, ruang lingkup pekerjaan bisa dibuat sendiri dengan membuat daftar dimana akan memulai renovasi dan bagian mana yang akan diselesaikan terlebih dahulu.

Selepas itu, diskusikan dengan pekerja/kontraktor supaya terjadi argumen yang bisa menambah ide dalam pengerjaan renovasi dapur sehingga perencanaan yang sudah dibuat dapat dijalankan lebih baik lagi.

4. Cari Inspirasi Desain

Carilah inspirasi desain dari berbagai sumber, seperti internet atau majalah untuk mendapatkan kriteria yang diinginkan. Sebaiknya memilih desain yang menarik dan yang terlihat seperti dapur ideal bagi diri sendiri. Kemudian, persempit pilihan itu hingga memutuskan desain dapur yang diinginkan.

5. Buat Perencanaan dan Tata Letak

Setelah mendapat gambar desain dapur ideal, memiliki rencana dapur yang ada akan sangat membantu. Itu harus menunjukkan lokasi jendela, pintu, saluran pipa, outlet listrik, dan lain-lain. Ini akan membantu desainer dalam menciptakan desain yang lebih baik dari yang sudah dimiliki. Jangan lupa juga untuk memasukkan dimensinya.

Kemudian, tata letak dapur. Tata letak dapur bervariasi pada bentuk dan ukuran area karena itu dibutuhkan perencanaan. Tata letaknya akan tergantung pada bagaimana cara/kebiasaan menggunakan dapur.

Lihat lalu lintas umum di dapur, seperti bagaimana aktivitas dilakukan dari satu tempat ke tempat lain. Ini dapat membantu mendapatkan tata letak yang baik menggunakan pendekatan zona.

6. Selesaikan Penyelesaian Akhir dari Rencana yang Telah Dibuat

Karena telah menyusun folder ide untuk dapur, sepertinya sudah mengetahui model apa yang diinginkan. Selain itu, perlu juga untuk menyelesaikan hasil akhir dan perlengkapan yang mencakup pencahayaan, bahan meja, peralatan, gaya pintu, gaya konstruksi lemari, wastafel dapur, backsplash, lantai, perangkat keras dekoratif, dan lain-lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini