Lebih Hemat Mana, WFH atau WFO?

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 622 2344520 lebih-hemat-mana-wfh-atau-wfo-KWz3ieBpPE.jpg Rupiah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) dan bekerja di kantor (Work From Office/WFO) memiliki pengeluaran yang berbeda. Secara kasat mata, WFH terlihat jauh lebih hemat karena tidak mengeluarkan biaya ongkos.

Ketika WFH kita tidak perlu mengeluarkan uang transportasi. Walaupun, beberapa karyawan ada yang mendapatkan tunjangan transportasi. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa tunjangan tersebut cukup.

Jarak dan transportasi yang digunakan setiap orang berbeda. Bagi yang rumahnya jauh mungkin akan terasa lebih boros, karena harus mengeluarkan uang lebih.

Baca Juga: Mengelola Keuangan saat Kerja dari Rumah, Berikut Caranya 

Jadi, apakah WFH lebih hemat dibanding WFO?

Menurut Perencana Keuangan Andi Nugroho, ini terbilang relatif. Karena harus dihitung dengan lebih cermat terlebih dahulu. Secara kasat mata mungkin bisa dibilang lebih hemat karena tidak mengeluarkan uang untuk biaya transportasi.

"Jadi kita bisa lebih hemat, makan siang. Bisa masak di rumah, sementara kalau di kantor kita bisa bawa bekel. Tapi kan kalau di kantor ada bumbu-bumbunya. Seperti diajak makan siang oleh teman kantor ke mal atau supermarket." ucap Andi Nugroho kepada Okezone, Kamis (14/1/2021).

Potensi berhemat lebih banyak dibanding WFO memang sudah pasti. Tapi balik lagi ke gaya hidup masing-masing. Seperti ketika WFH jadi jajan makan minuman ke kinian lewat pesan antar online.

"Udah jajan mengeluarkan biaya, juga masih membayar ongkir. Maka hemat atau tidaknya akan menjadi sangat relatif, musti dihitung dengan seksama. Dan tergantung gaya hidup setiap orang." ucap Andi.

Meskipun ada tipikal yang selama WFH memang bisa lebih irit, karena tidak perlu ongkos transportasi. Kedua, juga tipikal orang yang tidak mudah untuk jajan ini itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini