Meninggal Dunia, Ini Profil Mantan Mentan Sjarifuddin yang Pernah 'Duduki' FAO

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 08:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 320 2344782 meninggal-dunia-ini-profil-mantan-mentan-sjarifuddin-yang-pernah-duduki-fao-7ZZCTuYeJ9.jpg Pertanian (Okezone)

JAKARTA - Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya yang pernah duduk sebagai Menteri Pertanian era pemerintahan Orde Baru, yaitu Prof. Sjarifuddin Baharsjah. Guru Besar IPB itu mengembuskan nafas terakhir pada Kamis, 14 Januari 2021 sekira puku 23.30 WIB.

"Betul (Prof. Sjarifuddin Baharsjah meninggal dunia), mohon doanya," kata Kepala Biro Komunikasi IPB Yatri Indah Kusumastuti kepada Okezone, Jumat (15/1/2021).

 Baca juga: Mentan Era Orde Baru, Syarifuddin Baharsyah Meninggal Dunia

Dikutip dari berbagai sumber, Sjarifuddin merupakan Menteri Pertanian dalam kabinet Pembangunan V dan VI. Masa kerja yang bersangkutan dimulai dari 23 Maret 1988, berakhir 14 Maret 1998.

Dia adalah anak kedua dari Sutan Pangeran Baharsyah dengan Siti Fatimatul Zahra. Kakak kandung dari psikolog Leila Chairani Budiman ini masih keturunan Sultan Bagagarsyah dari Pagaruyung, Sumatera Barat, karena ayah mereka adalah anak dari cucu raja Minangkabau tersebut.

 Baca juga: Ucapkan Duka, Begini Sosok Syekh Ali Jaber di Mata Mentan

Dia menikah pada tahun 1962 dengan seorang perempuan berdarah Sunda, Justika Baharsjah, yang kemudian juga jadi Menteri Pertanian Indonesia pada Kabinet Pembangunan VII dan Menteri Sosial Indonesia pada Kabinet Reformasi Pembangunan.

Pernikahan mereka telah dikaruniai dua orang anak, yaitu Gita Indah Sari dan Antin, serta beberapa orang cucu, yaitu Wina dan Riyan (anak Gita Indah Sari) serta Diandra (anak Antin).

Di samping sebagai Guru Besar Ilmu Ekonomi Pertanian di Institut Pertanian Bogor (IPB), Sjarifuddin juga pernah dipercaya sebagai Menteri Pertanian Indonesia, yaitu pada 1993-1998 dalam Kabinet Pembangunan VI dimasa pemerintahan Orde Baru. Sebelumnya, ia menjabat Menteri Muda Pertanian dari tahun 1988-1993 pada Kabinet Pembangunan V.

Di tingkat dunia, Prof. Sjarifuddin juga dipercaya oleh lembaga internasional sehingga sampai dua periode (1997-1999 dan 1999-2001) menjabat sebagai Ketua Independen Food and Agriculture Organisation (FAO), suatu lembaga di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berkedudukan di Roma, Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini