Sri Mulyani: Separuh Penduduk Indonesia Tinggal di Pedesaan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 320 2345124 sri-mulyani-separuh-penduduk-indonesia-tinggal-di-pedesaan-w6pRNJ5RmF.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan ( Menkeu) Sri Mulyani menyebutkan separuh masyarakat Indonesia masih tinggal di pedesaan. Hal itu membuat pemerintah bekerja keras membuat masyarakat hidup sejahterah.

"Separuh penduduk Indonesia tinggal di masyarakat pedesaan, bagiamana mengangkat separuh dari penduduk Indonesia yang tinggal di pedesaan agar tinggal dengan baik dan sejahterah ," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (15/1/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Dana Desa Turunkan Angka Kemiskinan

Kata dia, Kementerian Keuangan (Kememkeu) mencatat dana desa telah naik tiga kali lipatsejak program dana desa diberlakukan tahun 2015 silam. Pada awal program, sebesar Rp20,8 triliun dana desa telah digelontorkan hingga saat ini Rp72 triliun dana desa yang digelontorkan.

"Masyarakat desa semakin sejahterah dengan memberdayakan dirinya dan desanya," katanya

Baca Juga: Menteri Desa Izinkan Kerja Sama Antar BUMDes, Begini Mekanismenya

Dia menambahkan, dana desa digunakan mendukung masyarakat desa dalam menghadapi kesulitan ini pandemi Covid-19 baik yang terkena masyarakat secara langsung maupun masyarakat desa yang kembali karena tidak ada pencaharian di kota.

"Desa mandiri sudah meningkat dari 173 desa pada tahun 2015 dan 813 desa di 2019.Alokasi yang meningkat memperoleh capaian yang positif," jelasnya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini