Tak Ingin Masuk Angin, Ini yang Bakal Dilakukan OJK

Fadel Prayoga, Jurnalis · Jum'at 15 Januari 2021 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 320 2345265 tak-ingin-masuk-angin-ini-yang-bakal-dilakukan-ojk-SpzcIKIz3V.jpg Pengawasan Sektor Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diminta untuk meningkatkan pengawasan terhadap lembaga keuangan dan non keuangan yang ada di Indonesia. Tentunya, itu harus didukung dengan jajaran internal yang memiliki integrasi yang mumpuni.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyatakan OJK akan mengembangkan pengawasan secara terintegrasi seluruh produk jasa keuangan termasuk produk digital, serta memonitor potensi risiko yang berasal dari luar sektor jasa keuangan maupun perusahaan korporasi.

"OJK mendukung Pemerintah dalam mempercepat penyusunan peraturan perundang-undangan yang mengatur Financial Holding Company," kata Wimboh di Jakarta, Jumat (15/1/2021).

Selain itu, meningkatkan governance dalam proses bisnis internal untuk mempertahankan penghargaan dari KPK sebagai instansi dengan Sistem Pengendalian Gratifikasi Terbaik dan penghargaan Pengelolaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Terbaik 2020.

"Menyesuaikan proses pengawasan market conduct yang dikaitkan dengan tahapan product life cycle serta memperkuat proses bisnis pengawasan dan surveillance yang berbasis digital melalui business process reengineering secara menyeluruh yang didukung penguatan integrasi manajemen data," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada jajaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menunjukkan taringnya sebagai lembaga pengawas. Selain itu, OJK pun tak boleh masuk angin dari berbagai oknum yang ingin melakukan tindakan penyelewengan.

"Transaksi mengarah ke fraud harus ditindak tegas. Pengawasan OJK tidak boleh mandul dan masuk angin harus mengelurkan taring," kata Jokowi dalam dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) yang digelar secara virtual di Jakarta, Jumat (15/1/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini