Merger Bank Syariah Negara Diharapkan Optimal bagi Ekonomi Indonesia

Michelle Natalia, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 320 2345422 merger-bank-syariah-negara-diharapkan-optimal-bagi-ekonomi-indonesia-NNdwwPF3mK.jpg RI Bakal Punya Bank Syariah Skala Besar. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan bahwa Indonesia segera memiliki Bank Syariah berskala ekonomi besar. Hal ini semakin dekat karena adanya konsolidasi Bank Syariah milik negara.

"Ke depannya kami berharap Bank Syariah Indonesia dapat menjadi bank Buku IV dan berkontribusi optimal bagi perekonomian Indonesia," kata Ketua OJK Wimboh Santoso, di Jakarta, Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga: Ketimbang Bikin Bank, Muhammadiyah Lebih Baik Optimalkan BPRS

Langkah konsolidasi ini juga perlu diikuti oleh pelaku industri keuangan syariah lainnya. Serta peningkatan nilai tambah dan daya saing produk keuangan syariah juga menjadi perhatian.

"Industri keuangan syariah diharapkan dapat berperan optimal dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini akan kami wujudkan dengan melakukan integrasi sektor jasa keuangan dalam pengembangan industri halal dan ekosistem ekonomi syariah," bebernya.

Baca Juga: Muhammadiyah Tarik Dana Bank Syariah Indonesia, Ini Kata Komisi XI

Selain itu, meningkatkan peran jasa keuangan dalam sustainable finance dalam upaya mencapai SDGs. Serta mengapresiasi berbagai pihak yang telah mendukung implementasi

Roadmap Sustainable Finance tahap I dengan terbitnya berbagai instrumen keuangan yang ramah lingkungan dan sosial seperti Green Bonds, Green Sukuk maupun inovasi pembiayaan melalui Blended Finance.

"Melanjutkan inisiatif ini, kontribusi Sektor Jasa Keuangan dalam mendukung tercapainya SDGs melalui Sustainable Finance akan terus didorong dengan terciptanya ekosistem sustainable finance yang komprehensif dan kondusif yang kami jabarkan dalam Roadmap Sustainable Finance Tahap II tahun 2021-2025," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini