Share

Kemitraan UMKM dan Usaha Besar, Jokowi: Tak Hanya Sekali tapi Terus Menerus!

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 320 2346277 kemitraan-umkm-dan-usaha-besar-jokowi-tak-hanya-sekali-tapi-terus-menerus-7KUU3zf7kg.png Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA - Hari ini, sebanyak 56 usaha besar dan 196 UMKM telah melakukan penandatanganan kerja sama dalam rangka kemitraan penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) dengan senilai Rp1,5 triliun.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa UU Cipta Kerja telah diundangkan.

"Peraturan turunannya akan segera diterbitkan, ada yang sudah selesai, dan yang lainnya akan segera menyusul untuk terus meningkatkan kemudahan berusaha," ucap Jokowi secara virtual di Jakarta, Senin(18/1/2021).

Baca Juga: Jokowi: UMKM Bisa Naik Kelas dan Masuk Rantai Produksi Global 

Dia menyebutkan, memitraan strategis antar perusahaan besar dan UMKM akan terus dikembangkan dengan prinsip saling menguntungkan dan meningkatkan daya saing di pasar global.

"Kemitraan UKM, UMKM, dan usaha besar sangatlah penting, agar UMKM kita bisa masuk dalam rantai produksi global. Agar meningkatkan peluang UMKM kita bisa naik kelas, yang mikro naik kelas ke kecil, yang kecil naik ke menengah, dan menengah kita harapkan naik ke besar," jelas Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Perusahaan Besar dan UMKM Harus Sama-Sama Untung 

Dia juga berharap kerjasama ini juga bisa menaikkan kualitas usaha UMKM menjadi lebih kompetitif. Dalam artian, kualitas produknya lebih baik, desainnya lebih baik, manajemennya lebih baik, dan lebih bankable.

"Karena bisa belajar dari perusahaan-perusahaan besar, baik dari dalam negeri maupun asing menuju sebuah pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan merata, tujuannya ke sana," ungkap Jokowi.

Pada kesempatan ini, Jokowi mengajak semua pihak untuk menjamin agar kontrak kerja ini benar-benar memberikan kontribusi signifikan bagi ekonomi inklusif.

"Pertama kontrak kerja bagi UMKM dan usaha besar ini harus berkelanjutan, tidak hanya sekali tapi terus menerus. Terus meningkat nilainya, serta meningkat pula luas cakupannya. Misal kalau sekarang baru Rp1,5 miliar, tahun depannya bisa Rp2,5 miliar, lalu tahun-tahun selanjutnya bisa tembus Rp10 miliar dan meningkat terus, sehingga bisa menaikkan kelas dan daya saing di pasar global," tegas Jokowi.

Hal ini, menurut Jokowi sangat penting. Dia juga mengharapkan agar UMKM Indonesia mau terus belajar agar kerjasama ini bisa menaikkan kelasnya.

"Tadi yang terlibat 196 UMKM dan 56 usaha besar, saya minta ini diperluas. Ini masih awal, saya berharap kemitraan ini bisa diperluas dan diperbanyak," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini