Share

Joe Biden Resmi Jadi Presiden AS, Bagaimana Stimulus USD1,9 Triliun?

Kamis 21 Januari 2021 02:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 320 2348041 joe-biden-resmi-jadi-presiden-as-bagaimana-stimulus-usd1-9-triliun-3dIqiva29b.jpg Joe Biden (CNN)

NEW YORK - Presiden terpilih Joe Biden akan mengusulkan suntikan dana USD1,9 triliun pada ekonomi AS ketika ia mulai menjabat. Akan tetapi, pemulihan ekonomi tampaknya mengkhawatirkan.

Dengan Partai Demokrat mengendalikan kedua majelis Kongres, DPR dan Senat, Biden berkesempatan meloloskan paket bantuan pandemi besar-besaran ketiga Amerika.

 Baca juga: Pidato Pertama, Biden Serukan Persatuan di AS

Proposal yang dirilis Kamis dan dijuluki Rencana Penyelamatan Amerika itu mencakup sejumlah tindakan untuk menghidupkan kembali ekonomi terbesar di dunia ini.

Mengutip VoA Indonesia, Jakarta, Kamis (21/1/2021), Biden ingin menaikkan upah minimum federal menjadi USD15 per jam, membantu pemerintah negara bagian dan lokal yang sedang berjuang, membuka kembali sekolah dengan aman, meluncurkan kampanye vaksinasi Covid-19 besar-besaran dan meningkatkan cakupan cek stimulus yang disetujui Kongres bulan lalu.

 Baca juga: Imbal Hasil Obligasi AS Naik Sambut Pelantikan Joe Biden

"Kembalinya investasi dalam lapangan pekerjaan, kesetaraan rasial akan mencegah kerusakan ekonomi jangka panjang, dan manfaatnya akan jauh melampaui biayanya," kata Biden dalam pidatonya di Wilmington, Delaware beberapa waktu lalu.

"Pada saat krisis ini ... kita tidak bisa membiarkan absennya sebuah langkah," tambahnya.

Senator senior dari Partai Demokrat Chuck Schumer dan Ketua DPR Nancy Pelosi menerima rencana Biden dan bertekad untuk membahasnya dalam sidang DPR.

"Kami akan langsung bekerja untuk mengubah visi Presiden terpilih Biden menjadi undang-undang yang akan disahkan kedua majelis dan ditandatangani menjadi undang-undang," kata kedua tokoh Partai Demokrat itu dalam pernyataan bersama.

Tapi ini hanya langkah pertama, dan para pejabat mengatakan Biden ingin menyampaikan rencana "pemulihan" kedua kepada anggota Kongres segera setelah pelantikannya, Rabu untuk mendorong perekrutan pegawai dan memerangi perubahan iklim.

"Kita akan menggunakan dana pembayar pajak untuk membangun kembali Amerika. Kita akan membeli produk-produk Amerika, mendukung jutaan pekerjaan manufaktur Amerika, meningkatkan kekuatan bersaing kita di dunia yang semakin kompetitif," kata Biden.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini