Donor Plasma Konvalesen, Menko Airlangga: Sangat Diperlukan

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 320 2348388 donor-plasma-konvalesen-menko-airlangga-sangat-diperlukan-NNosv5907c.jpg Menko Airlangga Hartarto. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengakui sempat positif Covid-19. Pengakuan ini dia sampaikan setelah mendonorkan plas konvalesen pada pencanangan Gerakan Donor Plasma

Kata dia, pendonoran plasma bisa selamatkan jiwa manusia yang terkena Covid-19. "Pertama donor plasma ini yang pernah terjangkit Covid dan donor ini sangat diperlukan," kata Airlangga dalam video virtual, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: Mengaku Pernah Terpapar COVID-19, Menko Airlangga Donor Plasma Konvalesen: Bantu Selamatkan Jiwa!

Keterlibatannya mendonorkan plasma konvalesen sebagai bentuk rasa syukurnya telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Dia mengaku, ingin membantu pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan.

"Untuk jadi donor efektif masanya tiga bulan penyitas Covid kalau semakin lama enggak efektif daya tahannya," jelasnya.

Baca Juga: Menkes Terima Banyak WA dari Konglomerat Indonesia, Ini Isinya

Dia menambahkan, donor plasma konvalesen ini menjadi bagian dari program 3T alias metode treatment. Adapun, gerakan donor plasma menjadi upaya lain mengatasi pandemi Covid-19 selain disiplin protokol kesehatan.

"Kita mendorong plasma konvalesen. Kita harus bekerjasama dengan TNI dan konsolidasi kata jadi program satu data itu jadi kebutuhan yang sangat vital," tandasnya

Dia menambahkan target PMI 5.000 plasma per bulan atau 60.000 per tahun, dan saat ini satu plasma dari penyintas Covid sudah ditunggu 80 pasien yang sedang dalam perawatan.

"Informasi laporan dari Bapak Menko PMK Muhadjir, plasma konvalesen dapat menyembuhkan 100 pasien positif Covid tanpa gejala atau bergejala ringan, sedangkan untuk pasien bergejala berat, plasma dari satu pe

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini