Anggaran Kementan Bakal Dipotong Rp6 Triliun, Komisi IV Ingatkan Krisis Pangan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 320 2350435 anggaran-kementan-bakal-dipotong-rp6-triliun-komisi-iv-ingatkan-krisis-pangan-X5PFYbUBEq.jpeg Komisi IV Sayangkan Pemangkasan Anggaran Kementan. (Foto: Okezone.com/Kementan)

JAKARTA - Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sudin menyesalkan adanya rencana pemangkasan anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun ini.

Menurut Sudin, sektor pertanian merupakan sektor yang harus diprioritaskan di tengah ancaman krisis pangan akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Baca Juga: Penguatan Sektor Pertanian di Era Covid-19, Pemenuhan Pangan 267 Juta Penduduk Indonesia

"Saya sangat menyayangkan adanya rencana pemotongan anggaran sebesar Rp6 triliun. Padahal di masa pandemi ini kita sangat membutuhkan peningkatan produksi pangan," ujar Sudi, saat memimpin Rapat Kerja bersama Kementan, Senin (25/1/2021).

Sebelumnya, di 2020 anggaran Kementan dipangkas sekitar Rp7 triliun dari sebelumnya Rp21 triliun.

Baca Juga: Pakai Teknologi, Mentan Ingin Pertanian Indonesia Jadi Mandiri

Menurut Sudin, pemangkasan anggaran untuk sektor pertanian kurang tepat lantaran kebijakan pembangunan pertanian cukup besar. Terlebih lagi, sektor pertanian sangat strategis dan tidak terpengaruh terhadap krisis ekonomi yang melanda dunia.

"Di tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19, sektor pertanian sangat strategis dan mampu menyumbang pertumbuhan perekonomian nasional," katanya.

Oleh karena itu, Sudin meminta kepada seluruh jajaran Kementan untuk meningkatkan sinergitas antar Kementerian dan Lembaga dalam menggandeng mitra kerja. Langkah ini penting dilakukan untuk menambah pendanaan operasional peningkatan pertanian.

"Saya sangat berharap terbuka hatinya Menteri Keuangan untuk mengembalikan anggaran ke Kementan supaya kita tidak terkena krisis pangan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini