Hidup Tenang di Masa Pensiun, Persiapkan 7 Hal Berikut Ini

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Senin 25 Januari 2021 22:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 622 2350343 hidup-tenang-di-masa-pensiun-persiapkan-7-hal-berikut-ini-iX3ZcSjAKj.jpg Uang Rupiah (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Semua orang pasti menginginkan masa pensiun yang sejahtera. Pensiun dari pekerjaan merupakan keputusan karier terpenting yang harus dipertimbangkan secara matang.

Memasuki usia pensiun, maka ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan persiapan keuangan. Melakukan sejumlah persiapan menuju pensiun merupakan perencanaan keuangan yang paling penting bagi setiap pekerja.

Baca Juga: PPPK Bakal Dapat Dana Pensiun, Begini Skemanya

Dilansir dari The Balance Jakarta, Senin (25/1/2021), siapkan beberapa hal berikut ini dan nikmati masa pensiun yang tenang dan sukses.

1. Bangun Rekening Tabungan Dana Darurat

Penting untuk memiliki tabungan dana darurat bagi pensiunan. Hal ini untuk mengatasipasi keadaan darurat yang mungkin saja terjadi di masa pensiun. Sebab, tidak semua perusahaan memberikan penghasilan lagi kepada pekerja setelah pensiun. Maka, tabungan ini akan sangat berguna.

2. Buat Anggaran Pensiun

Langkah penting lainnya yang harus dilakukan adalah menganalisis biaya pensiun. Mulailah membuat anggaran pensiun. Buat perkiraan yang akurat tentang apa yang akan dibelanjakan sekarang dan apa yang akan berubah setelah pensiun.

3. Tentukan Pilihan Asuransi Kesehatan

Memasuki usia tua setelah pensiun, masalah kesehatan mungkin menjadi fokus utama. Biaya pengobatan yang tiba-tiba, mungkin akan terasa besar dan berat. Maka, mulailah membeli asuransi untuk menjadi tabungan atau jaminan jika terjadi masalah kesehatan di masa tua.

4. Jalankan Skenario Menggunakan Kalkulator Pensiun Online

Saat ini ada kalkulator pensiun online yang dapat membantu pensiunan melihat berapa lama uang akan bertahan. Aplikasi ini dapat membantu mengambil keputusan seperti tanggal pensiun, tingkat pengembalian, tingkat inflasi, dan melihat bagaimana hal-hal ini dapat memengaruhi pendapatan pensiun.

5. Cari Perencana Pensiun

Memiliki penasihat keuangan yang memiliki keahlian dalam perencanaan pensiun akan membantu untuk meninjau rencana pensiun. Perencana keuangan akan memberikan saran, masukan dalam membuat keputusan perencanaan, dan mengelola investasi pensiun.

6. Pertimbangkan untuk Mulai Berinvestasi

Pelajari berbagai jenis pilihan investasi yang cocok untuk masa pensiun. Setiap pilihan investasi pasti memiliki pro dan kontra. Pelajari cara kerjanya sebelum memutuskan jenis investasi mana yang terbaik. Setelah itu, buat rencana investasi sehingga memiliki pendekatan yang disiplin untuk diikuti selama masa pensiun.

7. Pertimbangkan Memulai Karier Kedua Anda

Bekerja di masa pensiun, dapat dipilih untuk mengisi kegiatan. Cari tahu apakah penghasilan dari pekerjaan di masa pensiun tersebut dapat memengaruhi manfaat Jaminan Sosial atau tidak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini