Sandiaga Uno: Tiap Tahun, Rp150 Triliun Keluar dari RI

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 320 2352449 sandiaga-uno-tiap-tahun-rp150-triliun-keluar-dari-ri-VdynwgYY3v.jpg Sandiaga Uno (Okezone)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno menyebut uang yang dihabiskan orang Indonesia untuk liburan ke luar negeri, nilainya mencapai Rp150 triliun tiap tahun.

Menurutnya hal ini bukan angka yang sedikit. Di mana wisatawan nusantara selama ini kurang tersentuh. Seharusnya mereka bisa diarahkan untuk berlibur di dalam negeri ketimbang ke luar negeri.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas SDM, Menpar Edukasi Berbasis Teknologi

"Jadi destinasi-destinasi super prioritas ini harus jadi destinasi wisata pilihan kita. Dan ada Rp150 triliun yang keluar dari Indonesia tiap tahunnya karena kita asyik berlibur di negara-negara favorit kita," ujar dia dalam webinar MGN SUMMIT 2021 WONDERFUL INDONESIA, Kamis (28/1/2021).

Kemudian, lanjut dia, pihaknya ingin agar setidaknya 30% dari Rp150 triliun yang digunakan untuk liburan ke luar negeri beralih untuk digunakan di dalam negeri.

Baca juga: Menko Luhut dan Menlu China Nongkrong di Danau Toba, Bahas Apa?

"Apabila kita alihkan 20% sampai 30% saja itu bisa mencapai Rp50 triliun yang kita bisa arahkan untuk destinasi destinasi kita. Seperti yang ada di NTT, itu di Manggarai Barat ada Labuan Bajo yang world class, maupun di Sulawesi Selatan juga, mulai dari Pulau Selayar, Toraja," ungkap dia.

Dia juga menambahkan banyak sekali peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menjaring wisatawan domestik agar tidak liburan ke luar negeri.

"Maka itu kita canangkan agar nanti di tahun selanjutnya kita menjadi destinasi wisata pilihan di Asia Tenggara," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini