5 Keterampilan yang Bisa Hasilkan Cuan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2021 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 28 455 2352347 5-keterampilan-yang-bisa-hasilkan-cuan-pWaMcaaf0m.jpg Kerajinan Tangan Dapat Menjadi Ide Bisnis yang Menjanjikan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kreativitas merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Kreativitas dapat menghasilkan ide bisnis yang unik dan menarik lebih banyak pelanggan.

Hal ini karena produk yang ditawarkan berbeda dari yang lain.

Sebagian besar bisnis kreatif dapat dijalankan dengan modal yang tidak besar, tapi dapat memberi keuntungan yang menjanjikan.

Ada banyak sekali ide bisnis kreatif yang saat ini cukup diminati. Dilansir dari The Balance Small Business, Jakarta, Kamis (28/1/2021), beberapa ide bisnis berikut ini, cocok dijalankan bagi orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan hal-hal kreatif.

1. Kerajinan Tangan

Suka membuat kerajinan tangan? Mengapa tidak mulai untuk mengubahnya menjadi sebuah bisnis.

Ada berbagai macam kerajinan tangan yang bisa dijual. Mulai dari pot tanaman, seni dekoratif, atau barang kerajinan lainnya.

Baca Juga: 

Barang-barang kerajinan tangan ini selalu memiliki penggemarnya sendiri. Mulailah untuk menjualnya secara online. Bisa juga dengan mengirimkan hasil kerajinan ke toko, atau bahkan menghadiri pameran kerajinan.

2. Perhiasan

Perhiasan yang dibuat dengan tangan (handmade) cukup populer. Banyak orang suka membeli perhiasan buatan tangan karena keunikan desain dan hanya ada satu jenis. Jika menyukai membuat perhiasan seperti kalung atau gelang, ini bisa menjadi peluang bisnis potensial.

Baca Juga: 

Sama seperti bisnis lainnya, menemukan pasar dan menentukan harga perhiasan dengan benar sangatlah penting. Ada banyak pilihan cara untuk menemukan pasar, mulai dari menjualnya di rumah, mengikuti pameran kerajinan, menjual pada toko, atau bahkan menjual secara online.

3. Lukisan Tiruan atau Mural

Ide bisnis kreatif lainnya adalah membuat lukisan tiruan dan mural. Banyak pemilik rumah dan bisnis, seperti kantor dokter anak atau pusat penitipan anak, menyewa pelukis untuk mendekorasi dinding mereka.

Ini dapat menjadi ide bisnis ideal bagi mereka yang senang melukis. Tentu menyenangkan ketika dapat menghasilkan uang dari sebuah hobi. Namun, tantangan dari jenis bisnis ini adalah mendapatkan klien, karena mungkin tak semua orang menyukai dinding yang digambar.

4. Fotografi

Suka memotret? Atau memiliki keahlian dalam mengambil foto yang bagus?

Bisnis fotografi bisa menjadi pilihan bisnis rumahan yang ideal. Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari fotografi.

Mulai dari menawarkan layanan potret kepada orang atau hewan peliharaan. Bisa juga menawarkan layanan untuk mengabadikan momen di acara-acara, seperti pernikahan, kelulusan, peresmian atau lainnya. Selain itu, hasil foto juga dapat dijual secara online.

5. Menulis

 Ada banyak cara menghasilkan uang dari menulis, seperti menulis artikel lepas, ghostwriting, atau copywriting. Namun pilihan yang paling memberikan kebebasan berekspresi adalah penulisan fiksi.

Hasil tulisan yang sudah diterbitkan menjadi buku bisa dijual, baik secara online, offline, atau dalam bentuk e-book.

Selain itu, saat ini menjadi penulis blog juga dapat menghasilkan uang. Ada berbagai macam topik yang bisa dibahas dan disukai oleh banyak orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini