Pentingnya Kesehatan Kerja saat WFH, Lakukan 4 Hal Berikut Ini

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2021 04:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 30 622 2353516 pentingnya-kesehatan-kerja-saat-wfh-lakukan-4-hal-berikut-ini-5P7e7IE9ih.jpg Tips Kerja dari Rumah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan harus melaksanakan sistem bekerja jarak jauh dari rumah atau Work from Home (WFH). Hal ini dilakukan demi mengurangi penyebaran virus corona yang lebih luas.

Meskipun pekerja lebih santai karena pekerjaan dilakukan di rumah, WFH tetap memiliki ancaman keselamatan dan kesehatan kerja (K3) bagi pekerja. Sebab, bekerja terus menerus di depan komputer atau laptop berisiko menyebabkan stress dan gangguan kesehatan mental.

Baca Juga: 4 Tips agar Tubuh Tetap Fit Usai Kerja Shift

Dilansir dari laman Instagram Kementerian Ketenagakerjaan RI @kemnaker Jakarta, Minggu (31/1/2021), berikut ini kesehatan kerja yang penting dilakukan oleh pekerja saat menjalankan WFH.

1. Olahraga Pagi

Sebelum memulai bekerja di rumah atau WFH, sempatkan untuk berolahraga di pagi hari. Olahraga terbukti bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran badan, serta membantu mengontrol stress yang kerap dialami para pekerja.

Baca Juga: 4 Keuntungan Pulang Kerja On Time

2. Mandi Pagi dan Berpakaian Rapi

Meskipun sedang melakukan WFH, pekerja tetap harus mandi pagi dan berpakaian rapi. Selain membantu membangun suasana hati (mood) yang bagus, ini akan membuat tetap produktif dan lebih siap bekerja.

3. Persiapkan Ruang Kerja yang Nyaman

Penting untuk mempersiapkan ruang kerja yang bersih dan rapi. Hal ini untuk memberikan kenyamanan ketika bekerja seharian di rumah. Suasana ruang kerja yang nyaman tentu akan membuat pekerja lebih bersemangat.

4. Taati Pekerjaan Sesuai Jadwal

Waktu kerja pada saat WFH memang lebih fleksibel, namun tetaplah bekerja sesuai jadwal yang telah disesuaikan. Hal ini dilakukan untuk membuat pekerja tetap produktif pada saat bekerja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini