5 Aplikasi Akuntansi Gratis, Cocok untuk Pelaku Bisnis Kecil

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2021 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 31 622 2353859 5-aplikasi-akuntansi-gratis-cocok-untuk-pelaku-bisnis-kecil-nTxOouslzO.jpg Akuntansi (Shutterstock)

JAKARTA - Aplikasi akuntansi gratis sudah dapat diunggah dengan mudah. Dalam dunia bisnis, pengelolaan uang secara efektif merupakan hal yang sangat penting, karena kerap kali menjadi kendala bagi para pelaku bisnis.

Namun, kini masalah tersebut dapat diatasi. Terdapat sejumlah aplikasi akuntansi yang memungkinkan pemilik bisnis dan profesional keuangan untuk mengelola pembukuan bisnis kecil secara gratis.

 Baca juga: 9 Pekerjaan Menjanjikan untuk Mahasiswa Jurusan Akuntansi

Dilansir dari Fundera Jakarta, Minggu (31/1/2021), berikut ini beberapa aplikasi akuntansi gratis ini akan membantu para pelaku bisnis kecil dalam mengelola keuangan.

1. Wave

Software atau aplikasi akuntansi pertama yang bisa dicoba adalah Wave. Aplikasi ini dapat menghubungkan rekening bank dan kartu kredit tak terbatas ke pembukuan. Selain itu, juga bisa menambahkan pelacakan pendapatan tak terbatas, pelacakan pengeluaran, dan kolaborator tamu secara gratis.

 Baca juga: Menkeu Minta Akuntan Pertanggungjawabkan Laporan Keuangan

2. Zipbooks

 

Zipbooks dapat menjadi pilihan aplikasi lain yang bisa dicoba. ZipBooks menawarkan semua fitur penting dari perangkat lunak akuntansi. Meliputi laporan, sinkronisasi bank, penagihan, manajemen pengeluaran, dan pembuatan faktur, semuanya dalam satu akun yang bisa digunakan secara gratis.

3. GnuCash

GnuCash adalah aplikasi akuntansi yang dapat diunduh secara gratis. Dengan bantuan aplikasi ini, dapat mengawasi pengeluaran, pendapatan, saham, dan rekening bank. Ini didasarkan pada sistem akuntansi entri ganda. GnuCash membuat laporan keuangan dan neraca perusahaan bisnis.

4. Zoho Invoice

Zoho Invoice adalah aplikasi akuntansi gratis terbaik untuk mengotomatiskan alur kerja pembuatan faktur. Dengan Zoho Invoice, pemilik bisnis dapat menagih hingga lima pelanggan dan mengotomatiskan lima alur kerja melalui satu akun.

5. Akaunting

Akanunting merupakan aplikasi akuntansi gratis yang menawarkan banyak fitur paling penting. Dengan aplikasi ini, pemilik bisnis dapat membuat faktur, menyinkronkan akun, melacak pengeluaran, mengatur tagihan berulang, mengelola pelanggan, dan mengelola vendor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini