Zhong Shanshan Orang Paling Tajir di Asia, Hartanya Kalahkan Jack Ma

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 455 2354235 zhong-shanshan-orang-paling-tajir-di-asia-hartanya-kalahkan-jack-ma-9DQ0uVhG9s.jpg Zhong Shanshan (Foto: Independent/Rex Features)

JAKARTA - Orang kaya di Asia kembali menambah kekayaannya saat ini. Salah satunya, pemilik perusahaan air minum kemasan Nongfu Spring Zhong Shanshan tercatat sebagai orang paling tajir di daratan Benua Asia.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (1/2/2021), kini dia menempati orang terkaya nomor enam di dunia dengan kekayaaan bersih sebesar USD89 miliar.

 Baca juga: Crazy Rich Malang beli Jet Pribadi di Usia 31 Tahun, Harganya Rp235 Miliar

Dengan kekayaan sebanyak itu, dia mengalahkan Mukesh Ambani dari India untuk menjadi orang terkaya. Kini, Mukesh menempati peringkat 12 orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih sebesar USD71,2 miliar.

Selain itu, kekayaan Zhong juga terhitung lebih banyak dari Founder Alibaba Jack Ma. Seorang mantan guru Bahasa Inggris itu tercatat hanya sebagai orang terkaya nomor 23 di dunia dengan kekayaan bersih sebesar USD53,1 miliar.

 Baca juga: Crazy Rich Malang Ajak Milenial Dukung Vaksinasi Covid-19

Sebagai informasi, sebelum mencapai puncak kesuksesan dalam berbisnisnya, Zhong dilaporkan putus sekolah dasar selama Revolusi Kebudayaan China dan pernah bekerja sebagai pekerja konstruksi, reporter surat kabar dan agen penjualan minuman.

Dia mendirikan perusahaan pendahulu Nongfu di kampung halamannya di Hangzhou pada tahun 1996. Perusahaan tersebut, yang dikenal dengan air kemasannya, juga menjual minuman kemasan lainnya seperti teh dan jus.

Zhong juga memiliki saham pengendali di Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise, yang memproduksi alat tes untuk penyakit menular, termasuk Covid-19. Perusahaan go public di Shanghai Stock Exchange pada April 2020; sahamnya telah meningkat 2.500% sejak IPO.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini