Share

7 Kesalahan dalam Membuat Rencana Bisnis yang Paling Sering Dilakukan

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 455 2354326 7-kesalahan-dalam-membuat-rencana-bisnis-yang-paling-sering-dilakukan-AHAFqSNwRs.jpeg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Business plan atau rencana bisnis merupakan modal utama yang diperlukan para pelaku usaha dalam menjalankan bisnis. Penting untuk menyiapkan rencana bisnis, karena ini adalah peta jalan untuk menyusun, menjalankan, dan mengembangkan suatu bisnis hingga mencapai tujuan.

Menyusun rencana bisnis memerlukan perhitungan dan riset yang matang agar bisnis yang direncanakan dapat dijalankan dengan baik. Namun, masih banyak pelaku usaha yang melakukan sejumlah kesalahan dalam membuat rencana bisnis.

Dilansir dari The Balance Small Business, Jakarta, Selasa (2/2/2021), pelajari beberapa kesalahan dalam membuat rencana bisnis yang paling umum berikut ini, untuk mendapat peluang sukses yang jauh lebih baik dalam memulai bisnis.

Baca juga: 3 Rencana Penting yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis

1. Tidak Membuat Rencana Bisnis

Kesalahan yang paling sering dilakukan para pelaku usaha adalah tidak menuliskan rencana bisnis. Padahal rencana bisnis sangat penting demi keberlangsungan bisnis. Tidak perlu dibuat dalam versi yang formal atau dikemas secara profesional, yang terpenting memilikinya.

2. Tidak Memiliki Tujuan yang Jelas

Rencana bisnis pada dasarnya adalah untuk membantu mencapai tujuan bisnis, yaitu kesuksesan. Tujuan dari rencana bisnis ini akan mempengaruhi segala sesuatu, mulai dari apa bentuk rencana yang akan dilakukan, bagaimana strategi yang akan diambil, dan lain sebagainya.

Baca juga: Budidaya Ikan Mas Kian Menjanjikan karena Jadi Primadona Pasar

3. Tidak Memiliki Model Bisnis yang Jelas

Bisnis yang sukses tentu harus menghasilkan keuntungan. Kesalahan yang juga sering dilakukan pelaku usaha adalah memulai bisnis tanpa memiliki model bisnis yang jelas. Model bisnis adalah rencana untuk menghasilkan pendapatan di atas pengeluaran. Bisnis apapun tidak akan berhasil jika tidak memiliki model bisnis yang jelas.

4. Tidak Cukup Melakukan Penelitian

Tidak melakukan penelitian yang cukup adalah kesalahan rencana bisnis umum lainnya. Melakukan sejumlah penelitian yang diperlukan akan membuat pelaku usaha lebih siap untuk memulai bisnis. Setiap bagian dari rencana bisnis akan membutuhkan penelitian kecuali Ringkasan Eksekutif. Selain itu, saat ini juga banyak penelitian yang dapat dilakukan secara online.

5. Mengabaikan Realitas Pasar

Mengabaikan realitas pasar juga menjadi kesalahan yang umum dilakukan. Padahal, penting untuk menguji pasar produk atau layanan sebelum melakukan penjualan. Persaingan adalah realitas pasar lain yang harus ditangani secara memadai dalam rencana bisnis. Pikirkan strategi yang tepat untuk bersaing untuk memenangkan pasar.

6. Tidak Melakukan Persiapan Keuangan Secara Matang

Pelaku usaha perlu mencari tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk memulai dan menjalankan bisnis serta membuat prediksi berapa keuntungan yang dihasilkan selama tahun pertama operasinya. Ada dua kesalahan umum yang dilakukan orang saat menangani bagian rencana bisnis ini. Tidak realistis tentang pengeluaran mereka dan terlalu optimis tentang prospek bisnis baru.

7. Melupakan Rencana Bisnis Setelah Menulisnya

Banyak pelaku usaha melupakan rencana bisnis setelah menulisnya. Tentu ini akan membuat bisnis sulit berhasil. Maka, perlakukan itu sebagai dokumen perencanaan pertama bisnis baru. Saat berhasil melewati periode awal dan seterusnya, edit dan tambahkan seperlunya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini