3 Rencana Penting yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2021 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 31 455 2353888 3-rencana-penting-yang-dibutuhkan-untuk-memulai-bisnis-nqdyT0Zc2E.jpg Personal finance (Shutterstock)

JAKARTA – Memulai sebuah bisnis merupakan keputusan yang membutuhkan penelitian dan pertimbangan secara matang. Salah satu bagian penting yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis adalah membuat perencanaan.

Rencana yang dilakukan dengan benar akan memberikan peluang terbaik bagi sebuah bisnis. Rencana ini dan akan membantu para pelaku usaha untuk membuat kemajuan dalam memulai bisnisnya.

 Baca juga: Budidaya Ikan Mas Kian Menjanjikan karena Jadi Primadona Pasar

Dilansir dari The Balance Small Business, Jakarta, Minggu (31/1/2021), ada 3 rencana penting yang diperlukan untuk memulai bisnis, yaitu rencana bisnis, rencana pemasaran, dan rencana keuangan.

1. Rencana Bisnis

Sebelum memulai sebuah bisnis, penting untuk membuat rencana bisnis. Rencana bisnis tidak harus dibuat dalam bentuk dokumen yang sangat panjang dan membosankan. Rencana bisnis fungsional sebenarnya adalah dokumen kerja yang bertindak lebih sebagai alat perencanaan tindakan fleksibel daripada dokumen konkret terstruktur.

Ada beberapa hal yang harus masuk dalam rencana bisnis. Meliputi visi, misi, tujuan, strategi, modal awal, pengeluaran, dan pendapatan yang diproyeksikan.

 Baca juga: Persaingan Bisnis Kopi di Tengah Pandemi Covid-19

2. Rencana Pemasaran

Setelah memiliki rencana bisnis, mulailah membuat rencana pemasaran. Ini akan membantu untuk menarik pelanggan dan mulai menciptakan aliran pendapatan. Beberapa hal yang termasuk dalam rencana pemasaran yaitu strategi, misi, target pasar, analisis kompetitif, unique selling proposition (proposisi penjualan unik), harga, rencana promosi, dan anggaran promosi.

Selain itu, penting juga untuk memikirkan secara detail bagaimana cara melacak keberhasilan atau kegagalan dari berbagai taktik pemasaran yang digunakan, sehingga dapat membuat keputusan yang lebih bijak dengan setiap pemasaran yang dilakukan.

3. Rencana Keuangan

Terakhir dan yang paling penting adalah membuat rencana keuangan. Tanpa dana yang cukup, bisnis akan tersendat bahkan mati ketika bahan bakar finansial habis. Ingatlah bahwa kebanyakan bisnis baru membutuhkan waktu yang tidak sedikit sampai akhirnya menghasilkan keuntungan. Inilah sebabnya penting memastikan dasar keuangan tercakup sampai dapat menciptakan arus kas yang sehat.

Mulailah rencana keuangan dengan mencari tahu berapa banyak modal yang diperlukan untuk memulai bisnis dan dari mana asal modal itu. Beberapa hal yang harus ada di daftar rencana keuangan meliputi biaya peralatan, utilitas, lisensi dan izin, asuransi, iklan dan promosi, pajak, dan lain sebagainya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini