Beli Rumah Pakai KPR Syariah Diminati, Ini Alasannya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 470 2356307 beli-rumah-pakai-kpr-syariah-diminati-ini-alasannya-HirYNfDALY.jpg KPR Bank Syariah Jadi Pilihan. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Kredit rumah di bank syariah kini menjadi pilihan masyarakat dalam membeli rumah secara kredit. Hal itu diketahui dari survei yang dilakukan Rumah.com Consumer Sentiment Study bersama lembaga riset Intuit Research, Singapura.

Survei kali ini diperoleh berdasarkan 1.078 responden dari seluruh Indonesia yang dilakukan pada bulan Juli hingga Desember 2020.

Baca Juga: BI Catat Kredit Properti Naik 3,7%, Terbanyak KPR Rumah Tipe 72

Country Manager Rumah.com Marine Novita menjelaskan, alasan mereka memilih kredit di bank syariah untuk pembelian rumah tidak hanya didasari karena pertimbangan keagamaan.

"Alasan preferensi terhadap pembiayaan syariah karena pertimbangan keyakinan agama, dinyatakan oleh 70% responden, sementara itu adanya kepastian besaran cicilan bulanan (fixed rate) dinyatakan oleh 69% responden," kata Marine dalam keterangan tertulis, Kamis (4/2/2021).

Baca Juga: Ingin Mengajukan KPR? Perhatikan 5 Hal Ini

Alasan berikutnya yang juga populer disebut oleh responden adalah karena kepastian jumlah total biaya yang harus dikeluarkan, sebanyak 46% serta proses pengajuannya dianggap lebih mudah yang dinyatakan oleh 45% responden.

Dia mengatakan, bahwa dalam 4 tahun terakhir ini para responden yang terdiri dari para pencari rumah memang memperlihatkan meningkatnya preferensi terhadap pembiayaan syariah khususnya di kalarang responden yang lebih muda.

Akses informasi telah memungkinkan lebih banyak generasi muda mempelajari alternatif-alternatif yang ada. Walaupun dalam pengambilan keputusan nanti tentu para pencari rumah akan dihadapkan dengan hitung-hitungan dan konsekuesinya, tapi minat dan antusiasme yang ada sekarang ini dapat dilihat oleh pelaku pembiayaan syariah sebagai peluang.

“Responden para pencari rumah melihat bahwa pembiayaan syariah dapat menawarkan keunggulan dan keuntungan yang nyata, di samping pertimbangan keagamaan. Antusiasme ini semoga dapat dijawab oleh pelaku pembiayaan syariah dengan inovasi untuk menawarkan produk yang lebih baik lagi dalam menjawab kebutuhan konsumen. Bagi industri perbankan dan pembiayaan, sektor properti tentu harus diperhatikan karena nilai setiap transaksinya yang sangat besar,” kata Marine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini