Heboh Hotel Dijual Online, Pengusaha: Cash Flow Sudah Parah

Ferdi Rantung, Jurnalis · Jum'at 05 Februari 2021 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 320 2357252 heboh-hotel-dijual-online-pengusaha-cash-flow-sudah-parah-Vrn2ujqEjI.jpg Hotel di Jakarta di Jual Online. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Sejumlah hotel mewah di Jakarta dikabarkan dijual di sebuah situs jual-beli online. Hal ini karena industri perhotelan tidak berdaya akibat badai pandemi Covid-19.

Menanggapi kabar tersebut, Ketua BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sutrisno Iwantono mengakui bahwa kondisi keuangan hotel sudah sangat parah. Sebab, okupansi hotel masih berkisar 20% di masa pandemi.

Baca Juga: Selain PPKM, Pengusaha Hotel Permasalahkan Rapid Test Antigen

"Cash flow memang sudah parah. Jadi ada yang memang mendekati tutup ya itu mungkin saja," katanya dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/2/2021)

Dia menjelaskan, terkait penjualan hotel di situs jual beli online, pihaknya tidak mengetahui secara pasti. Sebab, tidak ada keharusan para anggota PHRI untuk melaporkan jika ingin menjual hotel.

Baca Juga: Hotel Kian Sepi Efek PPKM, Ancaman PHK di Depan Mata

"Ini masalah cash flow, jadi mereka tidak terlalu terbuka. Jika mau cek bisa langsung ke hotelnya saja. Kan ada nomer di situs itu" terangnya

Dia menjelaskan, sebenarnya dengan okupansi 20% tidak bisa membantu keuangan pelaku usaha hotel. Dibuka hotel yang ada saat ini, agar tidak memperbesar kerugian.

"Sebenarnya hotel buka itu bukan hotel baik-baik saja. Jadi buka itu untuk meminimalisir kerugian yang ada. Kalau sampai ditutup kerugian lebih banyak," tandasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini